Bisnis Online I Affiliasi I Tutorial Blog I Tips & Trick I Motivation I SEO

Cara Menyembunyikan Laman Mandiri Dari Tampilan Dekstop

cara menampilkan page statis dalam versi mobile saja
Static Page Bawaan Blogspot
Laman Mandiri a.k.a static page adalah sebuah fitur bawaaan blogspot yang letaknya dibawah header atau diatas postingan. Widget ini biasanya digunakan untuk keperluan khusus seperti membuat privacy police, sitemap atau contact us. Tampilannya sangat menarik dan sesuai dengan template yang kita gunakan. Hanya saja kita batasi dalam membuat laman. Page statis yang boleh kita buat maksimal hanya enam buah saja.

Karena terbatas inilah banyak sobat blogger yang tidak mau memasangnya dan lebih memilih menggunakan Menu Navigation buatan sendiri. Kelemahan menu navigasi buatan sendiri adalah tidak bisa muncul dalam versi mobile. Padahal dewasa ini pengunjung internet lebih banyak di dominasi oleh pengguna smartphone. Sehingga mau tidak mau kita harus memasang static page yang berisi sitemap agar pengguna smartphone mudah menemukan artikel yang mereka butuhkan.

Kendala yang kita alami jika tetap memaksakan memasang menu navigasi buatan sendiri dan laman mandiri adalah adanya dua menu navigasi yang memiliki fungsi dan tujuan yang sama. Selain tidak efektif, hal ini juga akan memberatkan loading blog kita. Inilah dilema yang aku hadapi bagaimana cara menyembunyikan page statis dalam versi desktop tetapi bisa muncul dalam versi mobile.

Setelah berselancar beberapa hari di internet, akhirnya aku menemukan cara bagaimana menampilkan menu navigation dalam versi desktop dan memunculkan laman mandiri dalam versi mobile. Caranya terbilang mudah namun karena belum tahu ilmunya sehingga akan terasa sulit meskipun sepele.

Berikut cara menampilkan laman mandiri dalam versi mobile tetapi menyembunyikannya dalam versi desktop:
1. Login ke www.blogger.com
2. Klik template kemudian edit html
3. Cari tulisan laman dengan bantuan CTRL + F
4. Jika sudah ketemu anda akan menemukan struktur seperti dibawah ini

<b:section class='tabs' id='crosscol' maxwidgets='1' showaddelement='yes'>
<b:widget id='PageList1' locked='false' title='Laman' type='PageList'>
...kode widget yang panjang...
</b:widget>
</b:section>

5. Tambahkan kata mobile='only' dalam widget laman tersebut
6. Sehingga hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini

<b:section class='tabs' id='crosscol' maxwidgets='1' showaddelement='yes'>
<b:widget id='PageList1' locked='false' mobile='only' title='Laman' type='PageList'>
...kode widget yang panjang...
</b:widget>
</b:section>

7. Simpan template dan lihatlah hasilnya

Untuk mengetahui lebih jelas apakah trik ini berjalan dengan baik, silahkan kunjungi situs kamu lewat operamini. Pasti laman mandiri yang tidak terlihat dalam versi desktop akan muncul kembali jika dibuka menggunakan handphone berteknologi tinggi. Cara ini juga bisa anda gunakan dalam widget lainnya.
mobile='yes' untuk menampilkan widget dalam versi desktop dan mobile
mobile='no' untuk menampilkan widget dalam versi desktop saja
mobile='only' untuk menampilkan widget dalam versi mobile saja
Demikianlah informasi tentang cara menampilkan page statis dalam versi mobile yang bisa saya bagikan. Semoga dengan adanya tutorial ini, tampilan website sahabat akan terlihat unik dan terkesan profesional meskipun menggunakan hosting gratisan.
SHARE :

Cara Unik Masak Mie Instan

HEBOH..!!! - Kata itulah yang mungkin akan sahabat katakan tatkala melihat VIDEO UNIK masak mie instan berikut https://youtu.be/1MEs9a-973U.
4 Komentar untuk "Cara Menyembunyikan Laman Mandiri Dari Tampilan Dekstop"

Dengan menerapkan teknik ini, maka website kita akan mobile friendly. Situs bisa dibuka dengan smartphone dan desktop dengan tampilan yang memepesona. Menu navigation juga tetap ada untuk mempermudah pembaca mencari informasi yang mereka butuhkan.

Ternyata ada trik khusus ya mas bro, agar bisa diakses via mobile phone. Wah infonya bener2 luar biasa. Akan saya terapkan deh. Tengkyu :)

kalo ini diterapkan jadi lebih simpel buka lewat hp hp ya mas..

1. Silakan buka Daftar Isi untuk melihat artikel menarik lainnya
2. Komentar sobat adalah investasi besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Blog Sobat

Back To Top