Bisnis Online I Affiliasi I Tutorial Blog I Tips & Trick I Motivation I SEO

Teknik dan trik menyembunyikan file dengan folder system

Hello sobat blogger yang senantiasa menginspirasiku untuk terus berkarya dalam dunia blogger.

Sedikit bernostalgia dengan kenanganku dulu sob. Tahun 2005 ane mulai mengikuti training di PT DaimlerChrysler Distribution Indonesia. Sebelum ane masuk ke situ, namanya masih PT Star Motor Indonesia, tapi pas ane masuk namanya sudah menjadi PT DaimlerChrysler Distribution Indonesia. Saat ane selesai training selama 3 tahun, berganti nama lagi menjadi PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia. Bagi sobat yang tinggal di daerah Ciputat - Jakarta Selatan, pasti sering melewati tempat ini. Letaknya berada di JL. LRE MARTADINATA, tepatnya berada di depan pool bus Bianglala(#cerita mode on)

Yah dari situlah ane mulai mengenal dunia komputer. Hampir rata-rata temenku sudah mahir bermain komputer termasuk game. Hanya ane saja yang masih gaptek dengan komputer. Bahkan situs google sekalipun ane baru tahu saat itu.
Awalnya ane hanya menyimak temen-temenku bermain komputer. Setelah itu ane mempraktekkan sendiri apa-apa yang telah aku lihat, sambil sesekali bertanya sama mbah google.

Dari internet itu pula ane download beberapa aplikasi, anti virus dan lagu mp3 kesukaanku. Namun karena komputer yang digunakan adalah komputer bersama, maka sesuatu yang aku simpan di komputer itu, semua temen-temenku mengetahuinya. Kalau cuma dilihat sih nggak apa-apa. Masalahnya temenku sering usil dan dengan seenaknya menghapus file favoriteku dan diganti dengan game warcraft. Kadang kesel juga sih, tapi daripada ribut dengan teman sendiri, ane mencari cara lain untuk menyembunyikan file tersebut. Cara sederhana yang aku gunakan adalah menggunakan folder system(maklum sob belum mempunyai flash disk sendiri xixixi)

Nah kali ini ane mau berbagi tips rahasia yang aku gunakan saat itu. Tips ini hanya berjalan pada komputer dengan system operasi windows seperti windows xp. Berikut langkah-langkahnya sob:
1. Buat sebuah folder untuk menyembunyikan file kamu. Ane sarankan sesuai nama system di komputer. Hal ini bertujuan untuk menghindari kecurigaan teman-teman (contoh:my computer, my document, control panel dan recycle bin)
2. Masukkan file kamu kedalam folder itu.
3. Rename folder tersebut dengan hanya menambahkan kode-kode dibawah ini:
Control panel=> .{21E2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}
Recycle bin=> .{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}
My computer=> .{20D04FF0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D}
My documents=> .{ECF03A32-103D-11d2-854D-006008059367}
Fonts=> .{BD84B380-8CA2-1069-AB1D-0800948F534}
Contoh:
Rahasia menjadi Rahasia.{BD84B380-8CA2-1069-AB1D-0800948F534}
(keterangan:penambahan kode fonts)
4. Coba kamu klik folder tersebut, maka yang akan kelihatan adalah sama persis dengan folder system font yang ada di programe file. Begitu juga jika kamu menggunakan kode my computer atau my documents.
5. Extension atau kode folder system itu akan tetap kelihatan kecuali sobat setting di pengaturan folder option sebagai berikut:
hidden file dengan folder systema. Klik tools pada toolbar windows
b. Klik folder option
c. Pada view advanced:
- centang show hidden file dan hilangkan centangnya pada hide extension file jika ingin menampilkan extension atau kode folder system tadi.
- centang hide extension file jika tidak ingin menampilkannya (menyembunyikan kode folder system)
6. Kalau mau melihat atau mengambil file yang ada didalamnya. Sobat rename aja folder tadi menjadi Rahasia kembali.
Jadi nama yang sebelumnya Rahasia.{BD84B380-8CA2-1069-AB1D-0800948F534} menjadi Rahasia

^Original by HP Yitno^
SHARE :

Cara Unik Masak Mie Instan

HEBOH..!!! - Kata itulah yang mungkin akan sahabat katakan tatkala melihat VIDEO UNIK masak mie instan berikut https://youtu.be/1MEs9a-973U.
55 Komentar untuk "Teknik dan trik menyembunyikan file dengan folder system"

okeh sob, rahasia menjadi rahasia ya, hihihiy, jadi cerita dengan ini bebas main kucing kucingan folder ya, siip :D

Hihihi saya ga pakai windows, ga ngerti ahhh...

Yups.. Betul sekali sob.
Intinya kita membuat duplikat folder system yang baru. Yang mana didalam folder itu kita simpan file-file yang kita punyai. Mau di show hidden sekalipun kalau nama foldernya nggak di ubah ke folder standar, temenmu nggak bakalan mengetahuinya. Apalagi kalau tampilan folder dan nama foldernya saya buat persis. ^_^

Bukan pengguna windows ya. Pakai system operasi apa mbak una. Linux, Ubuntu atau mac os?
Ane pernah pakai linux, haduh bingungnya nggak ketulungan. Belum familiar dengan sistem operasi itu. Kalau ubuntu baru lihat sekilas ^_^

sepertinya seru yaaa...! bisa nyembunyiin file :)

Aku masih kurang mudeng Pak, padahal jadi lebih apik ya :)

wauw,.. untuk komputer umum,.. perlu diterapkan ni,.. info yang menarik gan,..

ternyata cukup simple ya.., terima kasih ya ilmux.., mf baru sempat mampir *smile

Seru sekali mbak nurmayanti zain. Cara ini aku gunakan karena keterpaksaan. Daripada bertengkar dengan sahabat, mending cari alternatif lain kan?
Sedikit ilmu kalau diparaktekkan akan lebih berguna kan mbak he..he..

Simplenya seperti ini mbak:
Kamu buat folder terserah apa namanya. Kemudian kamu masukkan semua file atau folder yang ingin kamu sembunyikan disitu. Setelah itu kamu rename folder tersebut yang mana dibelakangnya kamu tambahin kode folder system gitu.
contoh: folder arsip lalu setelah di rename menjadi arsip.{code sesuai diatas}

Selama belum mempunyai komputer sendiri, ane sering menerapkan teknik ini. Tapi sekarang sudah jarang sih, soalnya sudah punya micro sd dan flash disk he..he..

Ilmunya simple sekali. Tapi jarang yang tahu he..he..

Silahkan di uji coba kawan. Jangan ada kode yang tertinggal. Meskipun hanya satu titik sekalipun he..he..

pernah nyimpen file rahasia di C: tapi nggak pake tambahan kode-kode seperti itu Kang. Tak coba dulu nggih Kang

Memang apa bedanya hidden biasa dengan rename namanya? soaalnya kadang aku cuma hidden folder aja

Alhamdulillah, matur nuwun ilmunya, Pak. Sebenarnya saya masih perlu satu lagi berkaitan dengan folder yaitu bagaimana mengunci folder secara praktis, jadi bukan menyembunyikan melainkan mengunci. Saya tunggu ilmunya, Pak. Terima kasih sebelumnya.

menyembunyikan file...hemm, kira jenis file apa ya? saya paling hanya pakai pswrd saja jika perlu menyembuyikan file. Tapi jarang bangettt...

Nyimpan file rahasianya pakai apa kang?
Kalau komputer sendiri enakan pakai user aja. Jadi siapapun yang masuk, kalau bukan user-nya nggak akan bisa melihat isi didalamnya. Orang kantoran biasanya memakai itu. Apalagi komputer jaringan.

Jelas berbeda sob. Kalau cuma hidden aja. Rata-rata orang bisa menemukan dan membukanya. Kalau sobat mengkombinasikan teknik ini dengan hidden folder yang sobat ketahui. Meskipun orang tersebut menemukan folder itu, asal namanya belum dirubah. Orang itu nggak bakalan bisa melihat isi didalam folder itu. Karena yang ditampilkan saat folder di klik adalah isi folder system.
Makanya ane anjurkan namanya sesuai folder system aja. Misal:my documents, my computer, recycle bin gitu sob.

Kalau mengunci folder, ane biasanya menggunakan folder lock dan winzip. Karena fasilitas itu sudah dilengkapi password sob. Tapi ane lebih sering menggunakan winzip, karena terbukti aman dari serangan virus. Bahkan virus sendiri bisa di karantina dalam folder winzip.

Memang cara menyembunyikan file menggunakan password adalah cara yang paling ampuh sob he..he..

Yups bisa dibilang begitu. Karena saat folder di klik, maka yang ditampilkan adalah isi folder system, bukan file yang ada didalamnya. Makanya ane sarankan untuk menggunakan nama dan kode folder system sesuai nama yang ada di komputer sobat.

sama dengan Una mas... saya ga pakai windows lagi.... , tapi info yang menarik nih, tapi jangan sampai diketahui Intan anak saya, dia kan pake windows, ntar dia sembunyikan file-filenya dan saya sebagai 'polisi' ga bisa lagi me-razia nya... hehe...

kembali berkunjung sambil nyari2 postingan baru :)

Wah kalau begitu jangan sampai tahu artikel ini mbak Alaika Abdullah. Anak harus selalu di awasi gerak-geriknya, tapi jangan sampai si anak merasa di awasi juga sih. Jadi si anak juga merasa nyaman, dan nggak merasa privacy-nya di terobos gitu.

Untuk sementara belum ada yang baru sob. Selama belum ada yang baru, read only yang ada aja he..he..

terima kasih mas sudah berbagi.. penting banget tuh untuk menghindari ke usilan temen.. apalagi komputer bersama...

He..he..
Berhasil menerapkan teknik folder system ya sob. Supaya lebih nggak ketahuan, kamu ubah aja foldernya seperti folder system. Caranya di customize kalau mau merubah tampilan folder.

Betul banget itu sob.
Kalau bukan kita sendiri yang melindungi file kita, siapa lagi?
Teknik hide file dengan folder system hanya salah satu cara aja. Sebenernya banyak juga cara yang lain. Tentunya dengan bantuan software aplikasi.

kalo sembunyiin folder kan gampang :D
properties, hidden. ok any question?

tips yang sangat sederhana namun dapat menyembunyikan folder dengan baik sobat.. mantab banget postingannya sobat...

Kalau menggunakan metode properties dan hidden, hampir rata-rata pengguna komputer mengetahuinya. Cara seperti itu dengan mudah dapat dibuka. Cara seperti itu akan sulit dibuka jika sobat mengombinasikan dengan folder system. Jadi sobat menyembunyikan folder dengan cara yang berlapis.
Kalau mau dengan teknik rahasia yang super, setting folder itu supaya nggak bisa di hapus. Caranya:hanya memainkan settingan di properties juga.

He..he..
Hanya cara sederhana yang kebanyakan pengguna komputer belum mengetahuinya.
Catatan:hanya bekerja di komputer berbasis windows lho sob. Kalau sobat menggunakan metode ini di flash disk, lalu sobat membuka flash disk-nya di komputer linux atau ubuntu, maka teknik menyembunyikan file dengan folder system nggak bekerja.

He..he..
Hanya membagikan sedikit informasi yang ane ketahui sob. Daripada ane gunakan sendiri, lebih baik ane share disini. Betul nggak?
Barangkali ada temen kita yang hobi bermain komputer, tapi belum mempunyai komputer sendiri dan belum mempunyai media penyimpanan, kan bisa memanfaatkan cara menyembunyikan file dengan folder system.

ternyata bisa toh disembunyiin.. baru tau.. dasar gaptek bgt deh aku ini.. hehehe

kunjungan pagi menjelang siang sob.. *smile

saya baru tahu lho, bisa di umpetin juga to...?

He..he..
Sekarang sudah tahu kan? Lumayan loh sob bisa menyembunyikan file dan folder dalam waktu bersamaan.

Jelas bisa sob. Teknik folder system sangat efektif buat menyembunyikan folder dan file sob. Uniknya, jarang menimbulkan kecurigaan.

maiin petak umpet pake windows asyik juga hehe
makasih tipsnya sob :)

terima kasih ifonya sobat...
aku coba dulu ach...

He..he..
Tentu asyik dan menarik sob. Apalagi file yang disimpan adalah file rahasia kita. Bisa berakibat fatal jika orang lain mengetahuinya. Trik ini sangat cocok bagi pengguna komputer yang belum memiliki komputer atau media penyimpanan sendiri.

Silahkan dipraktekkan ilmu menyembunyikan file dan foldernya. Ane tunggu laporannya ya :)

wah...berguna buat suami nih yg suka nyimpen file2 ituuuh hahahaha

ijin sedot nich.....kayanya bagus juga bt di praktekin.

He..he..
File-file ituuuh apa maksudnya sob?
Tapi berguna juga buat para istri kan wkwkwk

Bisa banget sob.
Tinggal copy paste kode folder system aja dan tempatkan dibelakang nama folder. *Selesai deh :)

*sedot apa nih?
Boleh banget sob. Jangankan disedot, di copas aja boleh. Kode-nya aja ya yang di copas. Artikel-nya jangan he..he..

benar-benar :) masyaAllah
oh ya.. sekedar saran, tolong hilangkan verifikasi komentarnya dong :( hiks, susah komennya..

Makasih banget mbak sarannya. Ane pertimbangkan dulu ya. Soalnya kalau nggak pakai verifikasi kata, banyak para spammer komentar yang beraksi.
Komentarnya berbau promosi dan nggak nyambung banget dengan artikelnya. Ane temukan di beberapa blog temen ane, komentarnya juga sama persis.

1. Silakan buka Daftar Isi untuk melihat artikel menarik lainnya
2. Komentar sobat adalah investasi besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Blog Sobat

Back To Top