Bisnis Online I Affiliasi I Tutorial Blog I Tips & Trick I Motivation I SEO

Joko Sunti

Saat menghadiri acara resepsinan saudara, tak sengaja saya duduk di sebelah orang yang mengerti tentang ilmu kejawen. Berhubung saya nggak mengerti tentang ilmu beginian, saya hanya mendengarkan perbincangan yang ada. Topik yang diperbincangkan siang itu adalah mengenai keris pusaka. Konon katanya di dekat kuburan yang ada di kampungku, dulunya terdapat pohon jati yang sangat besar sekali. Di atas pohon tersebut ada sembilan buah keris pusaka. Keris itu hanya bisa diambil oleh joko sunti dengan cara bertapa.

Meskipun pohon yang dimaksud sekarang sudah tidak ada, keris tersebut masih tetap bersemayam di area tersebut. Beberapa orang pernah mencoba mengambil keris pusaka itu. Namun karena yang ingin mengambil bukan seorang joko sunti, maka keris itu tidak mau diambil meskipun dengan cara dipaksa. Seolah-olah keris tersebut memiliki nyawa sendiri dan mencari majikannya.

Aku pun jadi tertarik ingin mengetahui lebih jauh tentang joko sunti. Sebuah pertanyaan aku lontarkan kepada narasumber,"joko sunti itu apa sih pak?" Alhamdulillah sang narasumber dengan senang hati menjelaskan padaku.

Joko sunti adalah seorang anak laki-laki yang ditinggal mati oleh bapaknya ketika masih berada di dalam kandungan ibunya. Jadi sang anak belum sempet melihat wajah bapaknya. Anak seperti inilah yang bisa mengambil sembilan keris yang bersemayam disana. Sedangkan anak perempuan yang ditinggal wafat oleh ayahnya saat masih berada dalam perut ibunya dinamakan perawan sunti.

Note:
Artikel ini hanya bersifat informasi saja. Mohon aqidah tentang islam tetap di tanamkan dalam diri kita karena ilmu kejawen ada yang menjurus ke arah syirik.
SHARE :

Cara Unik Masak Mie Instan

HEBOH..!!! - Kata itulah yang mungkin akan sahabat katakan tatkala melihat VIDEO UNIK masak mie instan berikut https://youtu.be/1MEs9a-973U.
21 Komentar untuk "Joko Sunti"

Harap berhati-hati dengan ilmu kejawen. Karena sebagian besar nggak ada dalam ajaran islam.

Semuanya kembali kepada yang Mahakuasa,kalau dengar cerita seperti ini jadi teringat cerita film yang dulu tentang keris dan kerajaan.

weh, baru tahu saya nih om tenttang joko sunti..

nice share dahh

wah informasi menarik nih.

yang penting kita jangan sampe ikut2an, sekedar tau aja boleh.

klo di sangkutin sama agama jadinya musrik, anggap sekedar informasi aja buat nambanh pengetahuan

wah, berarti cuman orang sakti yang bisa mengambil keris itu mas yitno :D

lah trus kerisnya klo berhasil diambil mo buat apaan? susah2 amat ngambilnya.. hehehe :P

emang guna nya keris pusaka buat apaan

ambil positifnya saja mas,,, kalaupun bisa diambil kerisnya buat kebaikan mungkin akan lebih bermanfaat :)

#maaf baru bisa blogwalking :)

Setiap ilmu memiliki sisi positif dan negatif, dan dikembalikan kepada setiap individu dalam menilai dan menyikapi dalam sebuah keilmuan

Salam wisata

jujur saja kalo maslah kayak ginian .. agak - agak gimana gitu... tapi kenyataanya hal tersebut memang ada, ,,,

tetangga sebelah bisa jadi seorang joko sunti, whehe

Untung saja tidak ada Bujang Sunti ya Mas.

Hehehe.....

tradisi jawa memang banyak pernak pernik nya ya mas, bagi yang mengetahui akan menjadi bencana jika tidak di ikuti

Wah, baru tahu saya istilah ini. Mudah2an bisa jadi inspirasi saya nyati topik Horor. Salam kenal ^^

ohh tradisi tohhh

ada ada saja ya

loh, ini bukannya cerita seorang anak yang bisa mencabut sesuatu dari tanah, lalu dari asal benda ditancapkan keluar air dan jadi banjir besar itu, he'eh setahu saya ada cerita seperti itu jaman kecil, tapi saya lupa cerita apa,,

Saya kira Joko Sunti temannya Mbak kuntilanak. . .

1. Silakan buka Daftar Isi untuk melihat artikel menarik lainnya
2. Komentar sobat adalah investasi besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Blog Sobat

Back To Top