Bisnis Online I Affiliasi I Tutorial Blog I Tips & Trick I Motivation I SEO

Bahan Bakar Klitek

Klitek - Bahan bakar alternatif pengganti LPG
Ketika masyarakat luas resah dengan kenaikan harga elpiji yang melambung tinggi, warga desa di kampungku tetap tenang-tenang saja. Hal ini karena masyarakat di desaku sudah lama menggunakan bahan bakar alternatif dari kulit randu. Penduduk desa biasa menyebutnya dengan istilah klitek. Jika dibandingkan dengan elpiji, klitek jauh lebih ekonomis.

Abu gosok dari kulit randu juga bisa dijual. Tentunya jika sudah terkumpul dalam jumlah besar. Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari pengepul, abu gosok tersebut akan digunakan sebagai campuran obat pembasmi hama. Abu gosok ini juga bisa dijadikan sebagai campuran pupuk kandang dari kotoran kambing.

Jika sahabat datang ke kampungku, kalian akan melihat banyak sekali gudang kapuk. Gudang kapuk disini menjadi tempat kedua untuk mencari nafkah setelah bertani. Sembari menunggu panen padi, masyarakat di desaku biasanya mengisi waktu luang dengan ocek randu. Selain mendapatkan upah, kulit randu yang terkumpul menjadi hak para pengupas dan bisa dibawa pulang untuk bahan bakar. Jika persediaan klitek di rumah masih banyak, masyarakat juga bisa menjualnya kepada pengepul.
SHARE :

Cara Unik Masak Mie Instan

HEBOH..!!! - Kata itulah yang mungkin akan sahabat katakan tatkala melihat VIDEO UNIK masak mie instan berikut https://youtu.be/1MEs9a-973U.
10 Komentar untuk "Bahan Bakar Klitek"

Klitek bisa menjadi pilihan ketika kayu bakar sulit ditemukan

Jadi ingat bapa saya dikampung,,, yang g pernah bingung sama kenaikan gas, langka dan susah. Bapa tinggal menyalakan lagi tungkunya, banyak kayu kering yang bisa dimanfaarkan sebagai bahan bakar...(gratis lagi) heheheh

saya baru tahu kalau kulit randu bisa dijadikan bahan bakar
salam kenal dari djogja

Wah, bermanfaat ini masbroo. Thanks

jujur yang kayak gini baru tahu,, buatnya kayak gimana ??? apa cuman dibakar kaya kayu biasa..?? cangkanya digimanain itu pa ???""" bingung

bisa dijadikan alternatif gas elpiji dan minyak tanah ya mas :)

Memangnya tempat kmu dimana kok banyak kapuk?
Tapi apakah bisa awet
Sepertinya kalau yang kering gampang habis tuuh kslau dibakar

boleh juga, tapi untuk di kota-kota besat kayaknya susah diperoleh.

wah informatif sekali bang.
sebenarnya masyarakat desa emang lebih 'tahan' ngadepin krisis ketimbang orang kota.. post ini salah satu buktinya :)

1. Silakan buka Daftar Isi untuk melihat artikel menarik lainnya
2. Komentar sobat adalah investasi besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Blog Sobat

Back To Top