Bisnis Online I Affiliasi I Tutorial Blog I Tips & Trick I Motivation I SEO

Kekuatan Artikel Pilar

Dear Sahabat,
Temen-temen mau tahu nggak rahasia kenapa website atau blog berpagerank tinggi tetap bertahan di posisinya bahkan cenderung naik terus. Rahasianya terletak pada artikel pilar. Mungkin sobat blogger bertanya-tanya apa sih yang dimaksud dengan artikel pilar. Lalu apa manfaat, fungsi dan kegunaannya untuk blog kita. Penjelasan dibawah ini mungkin bisa membantu.

Artikel pilar adalah artikel yang dikupas secara mendalam dan menyeluruh. Biasanya artikel tersebut saling berkaitan dengan artikel yang lain baik yang masih satu blog atau dari situs lain yang memiliki tema dan konsep yang sama. Biasanya artikel pilar dirancang sedemikian rupa dengan menyertakan beberapa kata kunci yang diperkirakan akan diketik pada mesin pencari google.

Sebenarnya ane sendiri nggak terlalu memperhatikan artikel pilar. Pokoknya ane berusaha memberi informasi yang terbaik yang saya bisa. Manakala artikel tersebut disukai search engine dan mendatangkan pengunjung, ane baru berusaha membangun artikel yang berkaitan dengannya. Para senior blogger menamakannya dengan istilah membangun link building.

Pemilik blog biasanya membiarkan artikel pilarnya di copas oleh orang lain. karena tanpa sepengetahuan para copaser, pemilik blog sudah membangun artikel-artikel penyangga di web lain yang dimilikinya atau membangun artikel terkait di situs tersebut. Dengan banyaknya copaser justru akan semakin memperkuat posisi blog tersebut. Karena google sendiri tahu mana artikel orisinil dan lebih dahulu publish (terbit)

Jika pemilik blog nggak terlalu memperdulikan artikelnya di copas, maka akan dibiarkan saja. Tapi kalau pemilik blog nggak terima kalau artikelnya di copas, mereka akan melaporkan ke pihak DMCA yang menangani masalah konten di dunia maya. Akibat paling ringan adalah artikel yang kalian copas tidak di index google atau masuk ke google sandbox. Tapi akibat yang paling parah adalah blog kamu akan dihapus dari peredaran tanpa sepengetahuan anda. Terlebih jika platform yang kamu gunakan adalah platform gratisan seperti blogspot. Sudah banyak blog terkenal yang dihapus tanpa pemberitahuan. Padahal blog itu dulunya tempat belajar ane saat pertama kali belajar ngeblog. Ternyata hampir 50% artikel didalamnya adalah artikel copas. Sangat disayangkan sekali bukan. Masih mau menjadi copaser?

Tapi jangan khawatir ane akan memberi tips bagaimana teknik membangun artikel pilar tanpa harus copy paste tulisan orang lain. Trik ini hanya sebagian kecil yang dipakai oleh Pakar SEO. Berikut tips and trick yang bisa ane bagikan:

1. Tentukan tema yang akan kalian tulis. Cari referensi lewat buku atau wikipedia.
2. Cari point-point penting dari artikel tersebut.
3. Sediakan gambar pendukung jika ada. Jangan lupa memberi alternatif text pada gambar tersebut. Ini sangat penting sekali karena erat kaitannya dengan seo.
4. Bidik keyword atau kata kunci yang penting dengan menaruh di paragraf pertama, memberi warna,  menuliskan dengan huruf tebal atau miring.
5. Jika ternyata artikel kamu terindex dengan baik dan ditemukan pengunjung lewat mbah google, inilah saatnya kamu membangun link building untuk memperkuat artikel tersebut.
6. Jika ternyata artikel yang kamu targetkan menjadi artikel pilar nggak kunjung mendatangkan pengunjung, silahkan buat artikel yang lainnya yang sekiranya akan menjadi artikel pilar.
7. Blog yang memiliki artikel pilar lebih dari 10 biasanya memiliki pagerank tinggi.

Apakah blog ini memiliki artikel pilar. Jawabannya belum karena ane baru membangunnya awal tahun ini padahal usianya sudah satu tahun. Namun ada satu artikel yang berhasil terindex dengan baik dan mendatangkan pengunjung dari mbah google. Semua ini tidak lepas dari dukungan kalian semua yang setia berkunjung dan meninggalkan jejak dalam kolom komentar. Untuk itu saya ucapkan terima kasih banyak kepada pembaca setia blog ini dan para copaser, karena sebenarnya anda adalah pembaca setia website ini meskipun kalian nggak pernah meninggalkan komentar.
SHARE :

Cara Unik Masak Mie Instan

HEBOH..!!! - Kata itulah yang mungkin akan sahabat katakan tatkala melihat VIDEO UNIK masak mie instan berikut https://youtu.be/1MEs9a-973U.
8 Komentar untuk "Kekuatan Artikel Pilar"

Berusahalah membangun konten orisinil sesuai kemampuan anda. Teruslah menulis, suatu saat pasti akan ada artikel pilar dalam blog kalian.

pilarnya sudah kokoh jadi tidak ambruk ya

Makin manteb saja ilmu SEO nya Kang. Kalo di WP malah enak, kita bisa tahu artikel kita SEO gimana makin ijo bulatannya, berarti makin manteb SEO nya (make yoast)

o gitu ya , eh aku klik digoogle "teknik membangun artikel pilar" urutan kamu nomer satu sob, alhamdulillah tambah ilmu lagi sob :-)

Cara lain bertahan di top serp google adalah dengan menggunakan evergreen article

belajar dulu ahh ^^ thanks tipsnyaa :)

menurutku artikel copas jika kita bisa menulis dengan gaya kita sendiri juga tak akan diketahui oleh pemiliknya.aku juga kalo mencari bahan buat postingan aku ke google.setelah menangkap inti postingan baru aku tulis ulang sendiri secara manual dengan gaya kita sendiri.
Susah kalo mengharapkan bikin artikel yang belum ada karena blog di indonesia jumlahnya ratusan ribu.

1. Silakan buka Daftar Isi untuk melihat artikel menarik lainnya
2. Komentar sobat adalah investasi besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Blog Sobat

Back To Top