Bisnis Online I Affiliasi I Tutorial Blog I Tips & Trick I Motivation I SEO

Tips Agar Puasa Lancar Dan Tidak Lemas

trik agar tidak lelah ketika puasa
Dear Sahabat,
Puasa ramadhan adalah ibadah wajib bagi umat islam di seluruh dunia. Jika kita tidak berpuasa di bulan ini dengan alasan apapun, kita wajib menggantinya di kemudian hari. Ibadah puasa berbeda dengan ibadah-ibadah yang lain. Puasa merupakan hubungan langsung antara hamba dengan sang pencipta. Yang mengetahui seorang hamba puasa atau tidak hanyalah Allah dan orang itu sendiri.

Puasa sungguh berat bagi orang yang tidak tahan dengan godaan. Tapi di bulan suci inilah kita dilatih untuk mengendalikan hawa nafsu kita. Makanya bulan syawal disebut bulan kemenangan bagi orang-orang yang berhasil mengendalikan hawa nafsu mereka di bulan ramadhan. Agar kita bisa menjalankan puasa satu bulan penuh, badan kita harus tetap fit. Untuk menjaga badan tetap segar dan bugar saat berpuasa, cobalah ikuti beberapa tips yang akan saya berikan kali ini.

Berikut tips agar tidak lemas saat berpuasa:
1. Sahurlah ketika mendekati waktu imsyak
Salah satu sunnah rasul adalah mengakhirkan waktu sahur. Waktu yang tepat untuk sahur adalah setengah jam sebelum waktu imsyak.

2. Hindari makanan yang mudah dicerna
Untuk sahabat yang aktifitasnya padat sekali, sebaiknya jangan makan makanan yang mudah di cerna seperti bubur ayam, lontong sayur atau tahu campur. Makanlah makanan berat seperti nasi, kentang, ketela atau jagung. Jangan lupa perbanyak makan buah dan sayur.

3. Hindari minum atau makan makanan yang mengandung santan
Minuman atau minuman yang mengandung santan akan membuat tubuh menjadi lemas. Sebab itu sebisa mungkin jangan makan nasi uduk atau minum kolak saat sahur.

4. Perbanyak minum air putih menjelang imsyak
Minuman manis sebenernya akan cepet membuat kita haus. Cara menyiasatinya adalah dengan memperbanyak minum air putih menjelang imsyak. Air putih mampu menetralisir efek minuman manis.

5. Jangan tidur sehabis sholat subuh
Tidur setelah sholat subuh akan membuat tubuh lemas juga. Tapi bagi penderita insomnia, waktu subuh adalah saatnya tidur. Khusus penderita insomnia dianjurkan untuk mandi pagi untuk menghilangkan efek lemas karena tidur saat subuh.

6. Lakukan berbagai aktifitas
Melakukan banyak kegiatan ketika berpuasa mampu membuat kita lupa kalau kita sedang berpuasa. Aktifitas yang begitu padat mengakibatkan waktu terasa cepat. Sehingga tahu-tahu sudah waktunya berbuka puasa.

Itulah trik yang bisa saya bagikan supaya tidak lelah ketika puasa. Kalau ada cara lain, silahkan share di dalam komentar. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkannya.
SHARE :

Cara Unik Masak Mie Instan

HEBOH..!!! - Kata itulah yang mungkin akan sahabat katakan tatkala melihat VIDEO UNIK masak mie instan berikut https://youtu.be/1MEs9a-973U.
14 Komentar untuk " Tips Agar Puasa Lancar Dan Tidak Lemas"

Jika kalian tahu, puasa itu sangat bagus untuk kesehatan kita. Bahkan orang yang menderita penyakit maag bisa sembuh karena puasa. Makannya lebih teratur dengan menu yang berkualitas.

yang paling susah no. 5
hehe :D

yg nomer 5, krn masuk krja agak siang kdg jd ketiduran deh:(

Semoga puasanya lancar ya , tipsnya bagus

beberapa tips di atas sudah saya praktekkan, seperti minum air putih yg banyak, makan nasi, dan sahur mendekati imsyak....
:)

yang paling sulit kadang yang no 5, habis subuh nonton TV terus. zzZZZZZzzzzz...

kalau saya ini tidurnya habis subuh mas,,trus bangun jam 12 siang :D, soalnya malemnya gk bisa tidur,,hehe,

kadang ya lemas,,kadang ya enggak tapi,,
tips yang bermanfaat mas, saya coba dari segi makanan dulu :)

Jangan tidur sehabis sholat subuh. Ini faktor yang membuat mudah lemas, Mas. Sudah kubuktikan. :)

dihari pertama shaum, setelah subuh saya tidur mas, hehehe.,... tapi hari ini nggak lagi :)

bener banget ini, setuju sama tipsnya mas :)

mantap gan informasi tips nya buat puasa,.

ane praktekin ah,.

keren sob tips nya, sangat bermanfaat sekali.
oia sob, saya mau tukar link, boleh kan?
saya sudah pasang link sobat di blog ku, thank

1. Silakan buka Daftar Isi untuk melihat artikel menarik lainnya
2. Komentar sobat adalah investasi besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Blog Sobat

Back To Top