Bisnis Online I Affiliasi I Tutorial Blog I Tips & Trick I Motivation I SEO

Perlengkapan dan persiapan mudik lebaran 2012

Hai kawan-kawan blogger :-)
Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Tapi suasananya sudah mulai terasa. Ada acara tahunan yang cukup dinanti - nanti anak perantauan. Apalagi kalau bukan mudik lebaran. Mudik lebaran memang asyik kalau dilakukan secara bersama-sama, meskipun akan mengakibatkan kemacetan yang luar biasa. Untuk itu kita harus mempersiapkan perbekalan dari jauh-jauh hari. Supaya pas hari H-nya tidak ada yang terlupakan.

Berikut perlengkapan yang perlu dipersiapkan:
A. Mudik menggunakan transportasi umum (Bus, kereta api, kapal dan pesawat terbang)
1. Karcis atau tiket (pesan dari jauh-jauh hari)
2. Dompet, KTP, ATM, Uang secukupnya (letakkan ditempat yang aman)
3. Dokumen penting seperti ijazah, sertifikat dan lain-lain (Bisa dibawa atau ditinggal aja)
4. Obat anti mabuk, balsem atau minyak angin.
5. Tas ransel
6. Jaket tebal untuk menghangatkan saat malam hari.
7. Roti tawar (mengantisipasi kemacetan di jalan tol untuk pengguna bus)
8. Air mineral (Untuk mengantisipasi jika tidak ada pedagang keliling)
9. Plastik (untuk antisipasi jika mabuk)
10. Uang recehan (Untuk berbagi kepada temen-temen yang mengais rejeki di jalan)
11. Handphone, charger dan baterai cadangan.
12. Oleh-oleh dan pakaian seperlunya

B. Mudik menggunakan kendaraan bermotor
1. Service kendaraan yang akan digunakan mudik (kondisi mesin, oli, rem, kanvas kopling, lampu, kaca spion, busi cadangan, kunci busi dan kunci lainnya)
2. KTP, SIM dan STNK
3. Dompet, ATM dan uang secukupnya.
4. Tas ransel
5. Sarung tangan
6. Jaket tebal dan jas hujan
7. Sepatu safety
8. Gunakan helm standar SNI
9. Masker
10. Handphone, charger dan baterai cadangan.
11. Obat anti mabuk, balsem, minyak angin, obat tetes mata dan obat sakit kepala
12. Bendera yang menandakan satu team mudik bareng (untuk memudahkan koordinasi jika terjadi kemacetan)
13. Jangan membawa barang berlebihan

C. Tips mudik asyik 2012
1. Matikan peralatan listrik, kompor dan lain-lain.
2. Kunci rumah atau kontrakan anda.
3. Berdo'alah sebelum berpergian (Do'a selamat dan do'a berpergian)
4. Selalu waspada di jalan dan jangan mudah percaya sama orang lain.
5. Jangan menerima sesuatu dari seseorang yang nggak dikenal atau baru dikenal.
6. Mudiklah bersama teman-teman anda.
7. Jangan berkendara dalam kondisi ngantuk.
8. Beristirahatlah di posko lebaran atau pom bensin.
9. Kunci dobel kendaraan anda atau pakai kunci rahasia.
10. Tidurlah bergantian dengan teman anda.

Adakah kelengkapan yang masih kurang? Kalau ada mohon kesediaannya melengkapi dalam kotak komentar. Insyaallah tulisan sobat berguna buat ane dan kawan-kawan yang akan melaksanakan mudik bareng 2012.

Note:
Kalau ada sobat blogger yang berdomisili di kabupaten pati, kita bisa silaturrahim langsung.
SHARE :

Cara Unik Masak Mie Instan

HEBOH..!!! - Kata itulah yang mungkin akan sahabat katakan tatkala melihat VIDEO UNIK masak mie instan berikut https://youtu.be/1MEs9a-973U.
42 Komentar untuk "Perlengkapan dan persiapan mudik lebaran 2012"

hohoho...persiapan mudik di mulai neh..ALhamdulillah posisi saya saat ini gak terkena imbas mudik karena bertentangan dengan arus mudik..jd naik bis pun santai. Kecuali utk rute Surabaya-Rumah, baru deh kena imbas arus mudik

Insya Allahsudah siap mudik juga nih

Wah enak banget itu mbak Ririe Khayan. Jadi nggak usah buru-buru beli tiket. Jalannya pun kancar banget kalau berlawanan dengan arus mudik pada umumnya.

Insya Allah siap dong mbak Lidya - Mama Cal-Vin. Karena momen lebaran adalah momen penting buat ngumpul bareng keluarga. Selain libur panjang tentunya :)

wah...tahun saya juga rencana mudik nih, ke 2 kota lagi aceh dan lampung. makanya masih bingung gimana cara nya yaah...blm lagi tiket pesawat yg muahaal.. pesen jauh2 hari msh bingung tanggalnya.... pusing deh, soalnya udah 8 tahun nggak pernah mudik kalo lebaran hehe

mks tips nya mas....smg mudik kita nnt dijauhkan dr hal yg tdk diinginkan. mudik ke mn nih ?

Lama banget nggak pernah mudik sampai 8 tahun. Itu kalau ketemu masih kenal apa kagak ya he...he...
Pasti yang di rumah kangen banget tu mbak.

Amin ya rabbal alamin. Makanya ane tekankan sebelum berpergian berdo'a terlebih dahulu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali atas izin Allah.

wah tipsnya pas bgt nih.. Mudik adalah momen yg paling aku tunggu2, walopun repotnya bkn main, tp seneng.. hihi..

Ternyata untuk mudik banyak juga hal yang harus dipersiapkan, tapi ini membuat lebih terencana jadi bisa terhindar dari lupa bawa. Bagus, mudah-mudahan mudikku tahun ini lancar.

tetap semangat.

Sebaiknya memang dipersiapkan jauh-jauh hari, termasuk membuat daftar rencana kegiatan yang akan dilakukan selama mudik.

Rencananya lebaran tahun ini saya di Tangerang saja, Pak. Insya Allah pulangnya akhir bulan Syawal, pas acara selamatan 2 tahun almarhumah.

Seperti itulah rasanya mudik mbak Covalimawati. Walaupun cukup merepotkan tapi mengasyikkan sekali :)

Kalau direncanakan lebih awal, resiko kelupaan dapat di minimalisir.

Acara di kampung juga nggak kalah padet sob. Temen-temen sekolah pasti ngadain reunian bareng. Belum lagi berkunjung ke rumah saudara baik dekat maupun jauh. Perlu perencanaan yang baik agar semua berjalan sesuai rencana.

Tinggal beli tiket sama oleh-oleh sob. Nunggu jadual kerja bulan depan dulu. Belum tahu pasti liburnya H - berapa hari.

puasa belum mulai, orang2 dah ancang2 buat mudik lebaran,, haduh kapan ya saya bisa mudik,, sudah 5x lebaran gk mudik2,,

okey sob, walaupun lebaran masih jauh, persiapan kudu ya ... :D
btw, ane mudik kemana neh ... ???

Betah amat 5x lebaran nggak mudik. Apa nggak kangen sama keluarga sama sanak family. Apa kerjanya di luar negeri sob?

Oh ya jadi lupa.
Mas stumon kan asli anak Jakarta. Pasti nggak pernah ngerasain mudik. Makanya mulai sekarang cari calon istri yang dari luar kota Jakarta. Biar pernah ngerasain mudik kang stumon :)

dan jangan mengenakan perhiasan yang berlebihan serta uang tunai dalam jumlah banyak. membahayakan keselamatan ;)

menambahkan tips nya nih mas, untuk pemudik yang membawa anak-anak jangan lupa untuk membawa beberapa mainan kesukaan anak, agar anak tak bosan selama perjalanan.

Oh iya sob.
Malah kelupaan pada point ini. Kejahatan bukan karena hanya ada niat dari pelakunya, tapi karena ada kesempatan. Thanx banget tambahan tipsnya.

Haduh malah lupa juga pada point ini. Kalau bawa anak kecil, harus bawa perlengkapan ekstra. Apalagi bawa anak bayi. Popok bayi juga perlu dipersiapkan.

pengen gitu bang sekali-kali ngerasain mudik tapi sayangnya keluarga gw ngga ada yang jauh.. semoga lancar nanti buat yang mudik.

biasanya saya pakai motor mas... jdi perlengkapan dan persiapan yang mas sebutkan diatas sangatlah brmnfaat untuk saya :D

Makasih banget kang Uzay atas do'anya. Semoga lancar sampai tujuan. Mudik memang penuh sensasi. Sebuah perjuangan untuk bisa bertemu keluarga tecinta.

Kuat banget sob mudik pakai motor. Kalau ane sih nggak pernah mudik pakai motor. Tapi menurut pengalaman temen-temenku, seperti itulah persiapan yang dilakukan.

jgn lupa doax sob.. *smile

doa saat naik kendaraan,

Bismillaah, Alhamdulillaahi { Subhaanalladzii sakhkharalanaa hadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniina, wainnaa ilaa Rabbinaa lamunqalibuun }

“Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesung-guhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari Kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Maha Suci Engkau, ya Allah! Sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

Jangan sampe lupa baju lebarannya, haha :D

Tiketnya beli pulang - pergi sekalian mas. Hehehe...
Sepertinya saya harus mencatat nih. :))

Makasih banget telah mengingatkan kita akan pentingnya berdoa saat menaiki kendaraan. Thanx banget sobat Rohis Facebook :-)

Oh ya sampai lupa baju lebaran.
Kalau di kampung perlu juga menyiapkan angpao buat ponakan-ponakan. Bagi-bagi rejeki dan keceriaan di hari kemenangan. He..he.. :-)

Satu lagi: kunci kontrakan jangan lupa dibawa juga (maklum anak perantauan)

Betul banget itu mbak.
Kebiasaan yang ane lakukan, kalau sudah sampai terminal tujuan, ane langsung beli tiket balik ke tempat kerja. Biar kebagian dan nggak ribet kalau mau balik ke tempat kerja.

waahh udah persiapan mudik nih, salah satu yang di nantikan juga ya.. jangan lupa beli oleh2 dan siapin uang baru receh untuk dibagikan di sana, tapi sisain buat kelangsungan hidup di tanah rantau hehe

selamat menyambut bulan suci ramadhan, mohon maaf lahir batin ya :)

wah, sudah persiapan ya mas! hehe keluarga saya belum siap-siap malahan. tapi postingannya saya bookmark dulu aja, biar nanti tidak usah nulis list lagi. makasih mas :)

Wah harus itu.
Bagi-bagi rejeki juga perlu perhitungan. Jangan sampai setelah lebaran kita malah kerepotan di tanah rantau. Sebisa mungkin jangan sampai berhutang. Karena berhutang itu nggak enak banget.

Mohon maaf juga kawan.
Semoga ibadah kita diterima Allah SWT :)

Sebenarnya ini juga daftar catatanku yang ane simpan di media online. Sebagai pengingat juga. Jadi gak perlu nulis lagi.

Emang berdomisili dimana sob.
Asli dari kota tercinta ya. Kalau kita mah aslinya emang dari desa. Merantau ke kota mencari rejeki.

1. Silakan buka Daftar Isi untuk melihat artikel menarik lainnya
2. Komentar sobat adalah investasi besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Blog Sobat

Back To Top