Cara Membuat OpenID Blogspot - HP Yitno Cara Membuat OpenID Blogspot - HP Yitno

Bisnis Online I Affiliasi I Tutorial Blog I Tips & Trick I Motivation I SEO

Cara Membuat OpenID Blogspot

Dear Sahabat,
Secara jujur saya sangat menghargai publisher khususnya pengguna blogspot yang mau berkomentar menggunakan akun Blogger Profile atau Google+. Tapi sayangnya tidak semua blogger mau menampakkan jati diri mereka yang asli karena mereka memiliki beberapa situs yang harus dipromosikan. Sebenarnya blog utama mereka hanya satu sedangkan yang lainnya merupakan Dummy Blog (Website Mini). Berhubung web-mini juga perlu traffic, makanya mereka lebih suka menggunakan name/url saat berkomentar dan mengarahkan ke situs mereka yang lain.

Tujuan dibukanya name/url dan anonymous sebenernya adalah untuk menjembatani pengguna platform lain atau pembaca yang tidak memiliki situs tetapi hendak bertanya tentang artikel yang ada bukan sebagai tempat untuk mencari backlink dengan cepat. Kalau mau langsung mengarahkan ke blog yang dimaksud alangkah baiknya menggunakan OpenId saja. Selain mudah hal tersebut juga akan menguntungkan kalian karena komentar sobat saya pastikan lolos dari filter blogger.

Mungkin diantara kawan-kawan ada yang belum mengerti tentang istilah yang satu ini. OpenID adalah sebuah standar desentralisasi yang memungkinkan pengguna  untuk masuk ke dalam berbagai layanan hanya dengan satu identitas yang sama. Jika sobat blogger memiliki banyak situs dengan menggunakan email yang sama, sebaiknya situs kedua menggunakan open-id saja jika ingin memperoleh backlink secara cepat, sedangkan situs utama tetap menggunakan profil blogger. Jangan menggunakan OpenID untuk kedua situs yang anda kelola jika tidak ingin terjadi Ups, itu kesalahan (Ups Error).
pengertian openid

Open-ID sifatnya seperti gravatar yang ada pada layanan WordPress.com. Hanya saja penggunaannya lebih spesifik untuk satu situs saja. Sedangkan di WP kita masih bisa menggunakannya untuk situs yang lain. Untuk pengguna blogspot yang ingin tahu cara unik memberi komentar di WordPress, silahkan baca artikel saya yang berjudul cara berkomentar di wp untuk blogger.

Berikut cara membuat Open-ID di Blogger:
1. Pastikan anda mengetahui OpenID sobat
Open-Id biasanya merupakan alamat website saudara. Namun jika anda telah berganti domain dari blogspot menggunakan TDL, maka alamat yang baru itulah yang anda gunakan. Untuk mengetahui secara pasti alamat open-id sobat silahkan buka Dashboard Blogger -> Setting -> Other -> OpenID. Jadi alamat itulah yang harus kalian gunakan jika ingin menggunakan Open-ID untuk berkomentar.

2. Cara mengatasi Your OpenID Credentials Could Not Be Verified
Biasanya hanya dengan menggunakan alamat openID yang telah kita ketahui pada langkah pertama, kita bisa langsung mempraktekkannya dengan berkomentar di situs berplatform blogspot. Namun terkadang saat pertama kali uji coba, kita masih belum bisa menggunakannya dan muncul tulisan merah yang berbunyi openid credentials could not be verified. Sebenarnya itu bukanlah masalah yang serius. Kita hanya perlu memverifikasi bahwa itu benar-benar merupakan OpenID milik kita dan tidak digunakan oleh situs lain. Caranya adalah masuk Dashboard Blogger -> Template -> Edit Html lalu masukkan kode dibawah ini setaleh kode <head>.

<link href='http://draft.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link href='http://hp-yitno.blogspot.com/' rel='openid.delegate'/>

Jangan lupa mengganti url http://hp-yitno.blogspot.com/ dengan alamat web kamu, kemudian letakkan kode tersebut diantara kode <head>...</head>.

3. Saat pertama kali menggunakan OpenID padahal posisi kita belum login ke www.blogger.com, biasanya akan muncul notification seperti gambar dibawah ini. Maka pilihlah ya,selalu (yes,always) jika ingin tetap menggunakan OpenID.
cara mengaktifkan dan menggunakan open-id

Hal ini untuk memastikan bahwa yang menggunakan OpenID tersebut adalah benar-benar pemilik situs tersebut. Jadi orang lain tidak bisa menggunakan identitas tersebut jika tidak memiliki akses ke akun sobat. Inilah cara mengaktifkan OpenID di blogspot yang bisa saya bagikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang membutuhkannya.
SHARE :

Iklan Lucu & Super Kreatif Di Dunia

Amazing..!!! - Kata itulah yang mungkin akan anda katakan tatkala melihat iklan paling kreatif & termahal di dunia berikut https://youtu.be/jYsx0nlGtJ4.
11 Komentar untuk "Cara Membuat OpenID Blogspot"

OpenID sangat efektif untuk lolos dari filter spam blogger. Keuntungan yang langsung bisa anda rasakan adalah lonjakan traffic yang signifikan.

karena saya hanya memilik 1 jadi profile saya asli mas, selain untuk keakrapan sesama blog kita merasa tidak mencari backlink..

Update Informasi:
Jika tiba-tiba open-id tidak bisa digunakan, coba rubah alamat yang kita sematkan pada template seperti dibawah ini. Karena kemarin ane kesusahan saat hendak menggunakan openid. Namun setelah saya merubahnya, alhamdulillah bisa dipakai kembali.

Kodenya seperti dibawah ini:
<link href='http://www.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link href='http://hp-yitno.blogspot.com/' rel='openid.delegate'/>

ok sob.,. akhirnya muncul tu apapunituzar. goood job.. kunjungannya gan.. new bie

kalau sudah keluar ups terjadi kesalahan , cara mengatasinya bagaimana boss


Terima kasih banyak infonya mas.. sangat membantu...
saya sudah pasang code tersebut di blog.. cuma waktu mau comment kok tetep aja, "your open ID credential cannot be verified".... kenapa ya??

silahkan berkunjung : www.propersleep.blogspot.com

1. Silakan buka Daftar Isi untuk melihat artikel menarik lainnya
2. Komentar sobat adalah investasi besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Blog Sobat

Back To Top