Bisnis Online I Affiliasi I Tutorial Blog I Tips & Trick I Motivation I SEO

Strategi Membangun Blog Mini

Dear Sahabat,
Keinginan membuat website mini sebenernya sudah lama aku impikan. Namun bayangan bagaimana cara mengurusnya selalu menghantui. Pernah sih terpikirkan untuk mencari kontributor atau penulis tamu pada web mini yang akan saya buat. Tapi sayang, nggak ada yang tertarik dengan ideku ini. Hanya segelintir orang saja yang antusias menyumbangkan tulisannya, itupun kalau semangatnya lagi ada. Daripada artikelnya saya taruh di blog mini yang nggak terurus, mending saya publish disini untuk memberi variasi baru pada blog ini. Nanti kalau semangat menulisnya sudah terbentuk, blog mini akan segera dirilis khusus untuk sahabatku.

Perbincanganku dengan pakde cholik kemarin siang di facebook membuka jalan pikiranku yang selama ini buntu. Beliau memiliki banyak sekali blog mini. Meskipun demikian beliau nggak merasa kerepotan mengurus semua website yang dimilikinya. Ane jadi penasaran sendiri bagaimana cara beliau mengurus web yang terbilang nggak sedikit itu. Pembicaraan pun dimulai antara aku, pakde cholik dan agus salim.

Berikut rangkuman pembicaraan kemarin siang di grup warung blogger. Jangan khawatir, ceritanya masih orisinil dengan gaya bahasa pakde cholik yang khas. Pastinya gurih, renyah, enak dibaca dan bikin orang ketawa.

Pakde  : Selamat pagi sahabat. Semoga anda sehat, sejahtera dan bahagia selalu. Introducing blog baru masih anget.
Agus    : Wah baru lagi nih.
Pakde  : Iya mas. Setiap terangsang, membuat mini blog untuk membackup blog lain. Blog seperti ini dinamakan "dummy blog" (halah sok gemagus.com)
Agus    : Mantap pakde. Sekalian mau tanya, pasang iklan jenis link unit bagaimana ya?
Saya    : Iklan jenis link unit apaan sih. Nggak mudeng ane, bisa jelasin nggak? wah bikin blog lagi pakde, kemarin perasaan baru bikin how to blog. Nggak kebayang ngurusnya gimana.
Agus    : Link unit hanya menampilkan link iklannya saja. Bukan dalam bentuk image atau text. Contohnya ada di blog pakde cholik yang baru ini.
Saya    : Agak paham sih, tapi masih belum mengerti secara terperinci soalnya belum pernah punya akun google adsense.
Pakde  : Sama mas prosesnya, yang membedakan hanya jenisnya saja kok. Mas hadi, ngurusnya santai saja mas. Blog mini paling 20 artikel saja kok. Orang luar negeri juga membuat 100-200 blog mini. Membuat - Isi artikel - Tinggal. Membuat - isi artikel - tinggal ha ha ha ha. Makanya artikel harus yang evergreen (abadi) sehingga kapan saja dibaca enak.

Agus    : Boleh tahu tujuannya buat blog mini untuk apa ya pakde?
Pakde  : 1. Untuk cari uang   2. Untuk backup blog lainnya dengan memberikan link.
Saya    : Tapi aman dari razia google kan pakde. Mau ikut caranya juga ah. Siap-siap menulis evergreen artikel 20 dulu baru eksekusi blog. Kalau boleh tau, setiap blog mini yang pakde buat menggunakan gmail yang sama apa beda-beda pakde?
Pakde  : Kenapa di razia mas. Pakai gmail yang sama mas.
Saya    : Karena dianggap nyepam mungkin. Dengan alasan blog nggak terurus. Tapi kalau artikelnya jenis evergreen kayaknya aman dari razia atau penghapusan sepihak oleh google. Teknik yang digunakan oke juga. Kalau satu email tapi blognya banyak, ngurusnya nggak begitu susah karena berada dalam dashboard yang sama. Terima kasih pakde atas ilmu dan penjelasannya, sekarang tinggal mempraktekkan saja.

Pakde  : Google nggak pernah razia blog yang nggak terurus kok mas. Blog saya dulu pernah tak cuekin 3 bulan, malah dapat pagerank 4 he he he he.
Agus    : Betul. Saya juga dulu pernah punya  blog, jarang saya urus. Cuma ada beberapa artikel, dapat pagerank walaupun satu. Tapi akhirnya domain TLD nya expire. Belum sempet perpanjang. Tapi kenapa yang diurus nggak dapet-dapet pagerank-nya.
Saya    : keren...keren...keren. Kemarin setiap ane mau bikin mini blog, selalu ada bayangan bagaimana ngurusnya. Sekarang jadi mulai mengerti bagaimana mengelola mini blog. Salah satunya dengan menerbitkan evergreen article.

Pakde  : Blog mini sebaiknya ber-niche tertentu mas. Artikel "how to" atau cara memberitahu pengunjung tentang apa saja. Jangan artikel galau-galau atau merintih-rintih ha ha ha ha. Tampakkan nice blog mulai dari nama domainnya. Misalnya bisnisrumahan.blogspot.com, olahragasehat.blogspot.com, reseptradisionaljawa.blogspot.com.
Saya   : Dengan artian meskipun blog mini harus memiliki konsep dan ciri khas ya pakde. Salah satunya dari nama domainnya juga harus menggambarkan isi blognya.
Pakde  : Iya mas. Itu yang membikin blog banyak visitor yang memerlukan info atau pengetahuan. Kalau BlogCamp kan memang campur-campur amburradul he he he he.
Saya    : Justru yang campur-campur dan amburradul malah memiliki pagerank tertinggi dari blog buatan pakde yang lainnya. Kayaknya orang Indonesia memang suka tahu campur ya pakde he he he he.

Pakde  : Itu karena artikelnya sudah 1.800 mas, tiap hari update je. Juga kontes atau kuis yang sering saya selenggarakan.
Saya    : 1800 dibagi 365 berarti sudah 4 tahun lebih dong umur blognya. Komitmen dan konsistensinya mantap pakde. Akibat meniru cara-caranya pakde, blogku mudah terindex di google pakde.
Pakde  : Hampir 4 tahun tanggal 8 juli nanti mas.
Saya    : Kirain sudah 4 tahun lebih dengan asumsi satu hari satu artikel. Bararti ada satu hari yang memuat lebih dari satu artikel dong.
Pakde  : Iya mas. Dulu sebelum banyak blog, saya bisa post 2-3 artikel kalau sedang terangsang.
Saya    : cakep..cakep..cakep. Ane undur diri dulu pakde, mau sholat dhuhur dulu. Banyak ilmu dan strategi yang ane dapatkan dari perbincangan ini. Makasih banyak pakde :-)

Itulah sedikit obrolan ringan antara kami dengan pakde cholik yang sudah lama berkecimpung dalam dunia blogging hingga saat ini. Konsistensinya patut mendapat apresiasi bukan isapan jempol belaka.
SHARE :

Cara Unik Masak Mie Instan

HEBOH..!!! - Kata itulah yang mungkin akan sahabat katakan tatkala melihat VIDEO UNIK masak mie instan berikut https://youtu.be/1MEs9a-973U.
12 Komentar untuk "Strategi Membangun Blog Mini"

Komitmen, kemauan keras dan tekat yang kuatlah sehingga menjadi sekarang ini. Jangan sungkam berbagi pengetahuan kepada kita-kita pakde yang masih belajar ini.

Salam hangat dari saya Pakde Cholik

yang penting terus smangat berkarya mas yit :)

Insyaallah akan tetap semangat dan konsisten untuk menuliskan sesuatu. Dukungan dari temen-temenlah yang memacuku untuk terus berkarya.

Website mini adalah sebuah web yang kita peruntukkan sebagai penyangga web utama kita dengan memberikan link satu arah sob. Bisa juga digunakan sebagai percabangan adsense yang kita ikuti. Biasanya jenis artikel yang ditulis adalah evergreen article atau artikel abadi. Supaya ketahanan di pencarian google akan tetap relevan. Meskipun lama nggak terurus masih tetap mendapat perhatian dari google karena kualitas artikel yang ada didalamnya.

semoga makin menambah semangat buat ngeblog ya mas ...

ATM yuuk..Amati Tiru Modifikasi

Blog Mini:

1. Isinya sedikit 20-30 artikel
2. Niche tertentu/ topik tertentu-sempit, bukan artikel campur aduk.
3. Artikel abadi/evergreen dibaca kapan saja oke. Bukan artikel yang mudah basi.
4. Artikel bertype How lebih disukai
5. Juga berfungsi memberi link kepada blog kita yang lain.
6. Optimasi dan promosi penting
7. Setelah artikel berisi 20-30 tak perlu update lagi.
8. Lebih mak nyus jika artikel berbahasa Inggris
9. Nama domain mencerminkan isi blog.

Contoh blog mini : http://usaharumahandahsyat.com

Terima kasih sudah dipromo di sini.

Salam hangat dari Surabaya

website mini, belum kebayang membuatnya mas, fungsinya bagus untuk mendukung web utamanya,
info menarik ini

keren deh mas...semoga bisa ngikut jejaknya pade'sang senior ya (pantesan saja,kemarin chat seriusya, sama dhe :D )

blog saya belum ada yang terurus dengan baik :sedih

tapi ada satu yang pengunjungnya paling banyak., padahal sudah tidak terurus..
*paling banyak dibanding blog saya yang lain., bukan dibanding blog rekan2., karena jelas saya belum sampai level blogger sejati..
:D

salam kenal..

1. Silakan buka Daftar Isi untuk melihat artikel menarik lainnya
2. Komentar sobat adalah investasi besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Blog Sobat

Back To Top