Bisnis Online I Affiliasi I Tutorial Blog I Tips & Trick I Motivation I SEO

Blogspot, mywapblog, dan wen.ru

Hello sobat Blogger mania. Perjalanan seorang blogger pasti berliku-liku, apalagi yang masih newbie dan baru belajar. Tema dan konsep yang ingin ditampilkan pun belum jelas. Karena semua masih coba-coba ( trial 'n' error ). Mereka pada dasarnya sedang belajar secara otodidak, karena mereka nggak memiliki buku panduan tata cara ngeblog dengan baik dan benar. Hampir semua platform web-hosting gratis mereka jelajahi. Dari mulai blogspot.com, wordpress.com, wordpress.org, mywapblog.com, wen.ru, multiply.com, dan masih banyak web-hosting gratis lainnya yang nggak saya sebutkan disini.

Mereka memang masih newbie, tapi karena mereka berani mencoba dan menjelajah, mereka jadi mengerti kelebihan dan kelemahan suatu platform web-hosting. Aktifitas yang mereka lakukan biasanya hanya terpaku pada blog-nya sendiri dan membaca tutorial. Mereka belum mengerti apa itu Blog-walking dan manfaatnya. Mereka sibuk dengan tampilan template blog dan menghiasi blog mereka dengan pernak-pernik blog yang sebenarnya nggak terlalu dibutuhkan. Saking asyiknya menghiasi blog mereka, mereka lupa dengan isi blog-nya. Padahal yang terpenting dari seorang Blogger adalah kualitas tulisannya.

Bukan dipungkiri, ane awalnya juga seperti mereka sob. Sering gonta-ganti subdomain dan membuat blog baru. Kalau sudah punya blog baru, blog lama menjadi terbengkalai dan tak terurus. Kalau ane sih nggak lantas membiarkan begitu saja blog lamaku. Blog lamaku masih aktif hingga sekarang, tetapi beralih fungsi untuk eksperimen dan percobaan. Tak jarang blog lamaku hancur karena percobaan yang nggak memakai aturan. Lupa menyimpan template standar-nya sob ( jadi malu ^_^ )

Karena ane juga sempat menjelajahi beberapa platform Blog, ane mau share kelebihan dan kelemahan platform tersebut. Siapa tahu bermanfaat bagi para blogger newbie khususnya. Langsung kita simak ulasannya sobat. Cekidot brow ^_^

1. Blogspot
kelebihan dan kelemahan blogspot
Blogspot merupakan platform yang diusung oleh Blogger.com. Sekarang sudah di akuisisi oleh google. Jadi kalau sobat mendaftar ke blogger.com, secara otomatis artikel sobat akan terindeks di google. Akan lebih mudah mendaftar jika memiliki akun google.

Kelebihan blogspot:
- Berformat html.
- Mendukung javascript, hal ini sangat berguna sekali jika kita ingin memasang widget atau memanggil script yang berada di web-hosting lainnya. Seperti css, javascript, iframe, embedding ( seperti youtube ) atau bahkan membuat script sendiri di Blogspot ( seperti spoiler dan menu search )
- Memiliki media penyimpanan berupa gambar dan video.
- Memiliki 2 versi web yaitu versi mobile dan versi dekstop.
- Seorang blogger diberi keleluasaan untuk mengedit template versi dekstop. Untuk versi mobile, tidak disediakan.

2. Mywapblog
keunggulan dan kekurangan mywapblog
Mywapblog dimiliki oleh Mywapblog.com. Servernya berada di India dan dikelola oleh Mr. Arvind. Aku sendiri terbilang baru di mywapblog.com. Tetapi meskipun baru, disana kalian akan disambut dengan senang hati. Persahabatan terjalin erat disana. Kalian akan kecape'an sendiri membalas komentar-komentar para sahabat mwber's. Mereka mengerti betul pentingnya Blog-walking.

Kelebihan mywapblog:
- Berformat xhtml, setingkat di atas html. Tapi masih mendukung html.
- Mendukung BBCode ( semacam html juga )
- Memiliki media penyimpanan gambar dan beberapa extension file ( 3gp, mp4, jar, sis, sisx dan lain-lain )
- Memiliki 2 versi web yaitu versi mobile dan dekstop.
- Blogger diberi keleluasaan untuk mengedit template versi mobile, tapi tidak diberi keleluasaan mengedit versi dekstop.
- Memiliki ruang chatting. Jadi siapa yang saat itu sedang online akan kelihatan. Kita juga bisa ngobrol langsung di chat room tersebut.
- Memiliki guestbook
- Bebas memilih beberapa subdomain ( seperti: mywapblog.com, heck.in, pun.bz dan lain-lain )

Kelemahannya:
- Tidak mendukung javascript secara penuh. Hanya mendukung css, baik internal css atau external css. Biasanya menggunakan BBCode untuk versi mobile.

3. Wen.ru
kebaikan dan keburukan wen.ru
Wen.ru merupakan situs mobile asal rusia. Situs ini berbasis website. Jadi kita sendiri dituntut untuk bisa merancang design yang ingin ditampilkan. Situs ini ditujukan untuk pengguna mobile atau wap. Tapi bisa juga untuk dekstop, asal kita tahu cara menggunakannya. Kemudahannya adalah adanya fasilitas wExplorer, jadi kita bisa merancang design template dan menu secara online. Kalau menggunakan situs ini, sobat harus mengerti betul format html dan fungsinya.

Kelebihan wen.ru:
- Bebas iklan
- Berformat html
- Cocok sekali untuk membuat menu yang bisa kita panggil menggunakan teknik <iframe>
- Memiliki fasilitas download manager
- Memiliki guestbook sendiri
- Bebas memilih nama subdomain yang kita inginkan ( seperti: wen.ru, wen9.com dan lain-lain )
SHARE :

Cara Unik Masak Mie Instan

HEBOH..!!! - Kata itulah yang mungkin akan sahabat katakan tatkala melihat VIDEO UNIK masak mie instan berikut https://youtu.be/1MEs9a-973U.
92 Komentar untuk "Blogspot, mywapblog, dan wen.ru"

Berasal dari platform manapun, bagiku nggak masalah. Kita bebas memilih sesuka kita. Semua punya alasan tersendiri. Yang penting bisa nge-blog dengan asyik dan dapat mempererat persahabatan sesama Blogger.

Salam hangat kawan-kawanku ^_^

bener banget mas... saya juga dulu begitu walau belum lama banget pernah di webly,woordpress dan sekarang di blogspot..

yang ke 2 dan 3 saya belum pernah tapi kayaknya nggak sih blogspot terahir hehehe...

Hahaha dulu aku juga ganti ganti blog. :)

He..he..
Ternyata mbak una sama juga ya. Rata-rata seorang blogger mengalami proses seperti itu ya sob :)
Sempat singgah di platform apa aja sob?

Kalau ane di webly yang belum pernah. Kalau wordpress pernah juga. Tapi nggak bertahan lama. Kesulitan menggunakannya. Maklum masih newbie. Yang paling simple dan enak buat para newbie menurutku ya blogspot dan mywapblog sob.

Ane pilih blogger aja sobat soal.a ane pake blogger, hehehehehehe


and komunitas.a banyak bangeeet sobat di seluruh dunia,,,,,,,,,

Nice share sobat and happy blogging

Saleum,
Percaya gak kang kalau 3 blog eksperimenku hancur karena eksperimen yang sering kulakukan? hahaha.... memang rasa keingin tahuanku besar. jika kang yitno liat templateku sekarang, itu harus mengorbankan sebuah blog eksperimen agar hasilnya powerful dan normal. Blogspot memang lebih baik sedikit dari flatform lainnya khusus dalam html.

setuju kang... apapun flatformnya yang penting masih bisa bersilaturahim... :)

i love ur post, keep share^^
mampir balik ke website kami yaa...
berbagi pada sesama dengan mengunjungi http://hapeduli.hajarabis.com/

nice :)
saya senang mengikuti postingan anda
postingan yang menarik .

salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
website kami.

Saya mo jadi silent reader ajah :D
Ga papa kan Mas
*eh lah ini nulis*

Soale masih bingung juga maksudnya :(
Tak baca pelan2 lagi ah...

He..he..
Silaturrahim emang sangat penting sekali sobat. Disamping menambah kenalan, kita juga dapat bonus ilmu baru yang mungkin belum kita ketahui.

Kalau aku menggunakan ketiga-tiganya.
Semuanya memiliki fungsi yang berbeda. Blogspot dan mywapblog memiliki komunitas tersendiri. Kalau wen.ru aku manfaatkan untuk pemanggilan script program sob :)

Sama kang, blog-ku juga banyak yang hancur karena eksperimenku yang nggak memakai aturan.
Memang bener sih, kalau mau menjadi blogger yang handal dalam script program maupun jago dalam edit html, harus berani mencoba sesuatu yang baru. Meskipun resikonya adalah hancurnya blog tersebut.

Nggak apa-apa sob, menyimak sambil memahami akan sangat bermanfaat dalam belajar.

Wah... kayaknya ane lagi di siklus ini nih..
masih coba-coba,, awalnya coba di xtgem, tapi terbengkalai krna akses inet yg wktu tu mahal,, krang daftar lagi di xtgem tapi gk pernah keurus lg, sibuk di blogspot...

thanks gan atas pengalamannya...

Wah kang awan surya jebolan xtgem ya ^_^
Biasanya blogger jebolan xtgem, wablog dan situs berbasis mobile orangnya pintar-pintar dalam menemukan tips and trick. Komunitas dan forum mereka besar sekali.
Ane dulu sempat mau nyoba xtgem juga, tapi belum jadi. Ane nyobanya malah wen.ru.
Sudah nyoba indowapblog belum sob?
Katanya seru juga, sudah mendukung javascript lagi.

informasinya lengkap banget nih mas...kalo saya kebetulan pertama bikin blog langsung di blogspot, ngerasa nyaman dan belum pengen pindah ke mana-mana...hehe...

Emang enakan di blogspot sih sob. Mendukung javascript dan memiliki dua versi web. Simple dan mudah penggunaannya baik master maupun pemula. Dan yang terpenting, jaringan dan server-nya stabil.

Macam2 sih sebenernya subdomain gratisan buat blogger, kalau yang lokal ada seperti blog detik, kompasiana, dll..
Blog itu tergantung orangnya juga, bisa mengolahnya apa nggak. Walau gratisan bisa juga kok melebihi domain pribadi.
Kalau saya kenapa memilih blogspot, karena lebih didukung sama google..

Aku memilih blogspot juga seperti itu. Lebih aman bermain di blogspot karena miliknya google sendiri. Jadi kemungkinan terindeks besar sekali. Tapi semua tergantung orangnya juga sih sob. Mampu mengelola blog-nya apa tidak?

Di Multiply sama Wordpress. ^^
Masih dipake semua sih... tapi aktifnya di blogspot. :D

wew, saya juga udah pake itu semua tapi yg keurus cuma satu, yg lainnya pada karatan :D

maaf mas berkunjung lagi neh... pengen ngasih info sih gimana mas kira dari hp mas sudah bisa kebaca belum artikel blog saya? terima kasih sebelumya sudah memberi tau...

Kalau ane aktifnya di blogspot, mywapblog dan wen.ru. Makanya saya jadikan postingan. Wordpress ane jadikan arsip. Sedangkan multiply, baru daftar doang. Nggak tahu cara penggunaannya ( jadi malu ane sob ^_^ )

Wah sudah pernah pakai semua ya ^_^

Jadikan blog archive aja sob atau jadikan blog eksperimen gitu, jangan dibiarkan karatan. Tapi memang kerepotan sih mengurus banyak blog. Tapi itulah serunya blogger yang belajarnya secara otodidak.

Siap kesana lagi sob untuk membaca artikelnya. Aku dulu juga senang membuat buku tamu melayang di blogspot. Bagus banget sih. Tapi untuk beberapa browser, hal itu justru merusak tampilan blogspot. Makanya ane nggak mau pasang buku tamu secara melayang.

Saya juga baru belajar sahabat dan menggunakan platform blogspot sahabat

wah si agan ud sempet nyoba gan? mantap, ane mah satu dulu aja gan. satu aja belum abis. heheh.

Kita sama-sama newbie kok sob. Cuma sudah pernah nyoba beberapa platform. Jadi mana yang lebih cocok, tergantung penggunaannya untuk apa?
Kalau ane menggunakan ketiga-tiganya sob. Semua memiliki fungsi tersendiri.

he..he..
Iya sob, sempat menjelajah beberapa platform.
Mencari yang terbaik. Setelah melakukan postingan beberapa platform, yang menurutku enak dipakai buat ngeblog ya ketiga platform tersebut.
Tapi penilaian setiap orang beda lho sob. Ini hanya penilaianku saja. Penilaian dari kacamata sang newbie. Kalau sang master tentu beda. Kebanyakan para master menggunakan blogspot, wordpress.com dan wordpress.org. Bahkan memiliki domain sendiri.

Sy pernah ikut seminar blogging mas, katanya utk security, blogspot yg terbaik utk yg gratisan (satunya kalo gak salah ingat wordpress).
Menurut mas, kekurangan blogspot apa?

Untuk blogspot dan wordpress, tingkat keamanan sangat bagus. Berbeda dengan mywapblog. Tingkat keamanan masih agak lemah dibanding blogspot dan wordpress.
Blogspot nyaris tidak ada kekurangannya. Cuman kok belum ada chatroom-nya ya. Apa karena peminatnya sangat banyak sekali ya sob?

Makasih sobat sudah mau mampir ke gubuk sederhanaku. Apalagi mau baca postinganku. Huhhh sungguh penghargaan yang tak ternilai harganya.

Ternyata bener, blogspot banyak peminatnya. Termasuk sobat salah satunya.

Wah itu blogspot gak ada kelemahannya?
bagaimana bila dibandingkan dengan wordpress? katanya lebih oke kalau untuk bisnis :)

ga mau yg laen, ga mudeng yg laen, ga nyaman dg yang laen. yg gratisan yg ga ribet, yg byk utk tmpt nanya ya di blogspot heheheh

Yups (^_^)
Sampai saat ini masih belum menemukan kelemahannya. Nyaman sekali nge-blog di blogspot. Kalau wordpress, banyak dipakai para master web-design. Kalau ane belum belum paham betul bermain di wordpress sob.
Maklum masih newbie..

Ok :)
Apa sih yang nggak buat sobat?
Kalau nyamannya di blogspot, lanjutkan sobat. Ane juga nyaman di blogspot. Ini hanya berbagi pengalaman. Pengalaman sang newbie yang mencoba beberapa platform.

wah..
petualang dumay juga siboss nih.. hehe
semua di jelajahi..
jadi curiga nih ane..
jangan2 di dunyat juga seorang petualang.. hehe
manteb infonya gan..

wah ane malah gag begitu pham sama gituan sob..saya nyimak dulu ya..absen pagi hari sob :)

He..he...
Emang hobinya berselancar dunia maya sob. Nggak tahu kenapa, pokoknya hal-hal yang berhubungan dengan dunia komputer dan internet, ane suka banget. Apalagi programmer, ane pengen belajar sama seseorang yang mengerti program. Punya kenalan nggak sob?

Kalau dunia nyata, suka berpetualang juga. Asal ada waktu luang aja. Dan nggak mengganggu pekerjaan tentunya ^_^

Ah mas Dwi Yulianto bisa aja. Ilmunya aja sudah banyak banget. Masa nggak ngerti. Tapi absen juga nggak apa-apa. Makasih kunjungannya ya kang :)
Oh ya kang, sorry ya belum sempat bikin postingan mengenai award pertamaku. Insyaallah dijadikan postingan nantinya.

Mampir...maaf ya baru bisa kesini...inet lemot banget disini...
Kalau aku setia ama blogspot aja, dulu dah pernah coba wordpress, tapi gak bebas utak-atik HTMLnya. Kecuali suatu hari nanti jadi web design beneran hehehe...
Kalo mobile, gak pernah pake -____-

ah... gk juga sob,, ane cuma belajar otodidak aja n gk da forum yg ane ikutin, cuma baru-bru ne ja ikutan forum,,

indowapblog belum coba sob...
boleh lah dicoba tu,,

Ada satu lagi yang juga lumayan enak buat belajar WP mas...
Rasanya persis WP yg berbayar
Coba aja di http://www.idhostinger.com/

Nggak apa-apa sob. Sudah mau mampir aja, senang sekali rasanya. Ada situs yang spesialisasinya untuk mobile seperti mywapblog. Ada juga yang spesialisasinya untuk dekstop seperti blogspot. Yang spesialisasinya dekstop, kita diberi keleluasaan merancang template blog dan design web ( versi dekstop tentunya )

Wah makasih banget pak Mars informasinya. Boleh dicoba nih. Sekalian belajar wordpress sama idhostinger :)

wah, nice post.
I prefer blogspot dari web-hosting diatas.. :)
makasih udah mampir yya.

He..he..
Semua punya pilihannya sendiri-sendiri. Termasuk sobat yang lebih tertarik dengan blogspot daripada web-hosting yang ane sebutkan diatas.
Makasih juga sobat dah mampir ke gubuk sederhanaku ini. (^_^)

saya tetap paling suka blogger :))
karena mendukung monetize dan loadingnya cepat

Wah, postinga yg menaarik nih sob, dulu ane pernah coba semua, tapi yg berhasil lolos dari "seleksi alam" hanya blog ane yg BLOGGER, kalo ane punya satu di mywapblog, tapi udah "stop posting" karena sepi, dan dulu sempat ke wen.ru, tapi ane nggak ngerti, dulu masih pake bahasa Rusia, sekarang juga ya? Jadi ane tinggalkan deh, sekarang lagi fokus sama blogspot-nya

Yups itulah kelebihan blogspot yang lupa aku sebutkan sob. Blogspot mendukung monetize. Emang kebanyakan blogspot digunakan untuk ajang bisnis, entah ppc atau ptc. Itu sih sah-sah saja asal nggak melupakan isi blog itu sendiri tentunya.

Wah pernah nyoba ketiga-tiganya juga ya sob. Kalau ane yang lolos seleksi alam ya 3 web-hosting itu. Yang lain hancur semua. Untuk wen.ru, sampai sekarang juga masih pakai bahasa rusia. Tapi setelah log in, ada bahasa inggris-nya juga sob.
Mywapblog punyaku masih ramai sob. Tapi emang harus punya skill yang bagus agar tetap ramai sih. SEO juga harus friendly.

Wen.ru dan mywapblog berbasis wap ya mas Yit,kalau sya senangnya di xtgem,,wah blognya mas Yitno rame banget nih

kalau saya lebih suka main di blogspot sobat, hehhehe

saya malah taunya cuman blogspot dan wordpress aja hehehe nice info mas :)

kayaknya sobat udah pernh pake semua nigh Platfrom

mantabb

kayak aku nih yang masih belajar2 ampe pusing kepalo kalo udah hengki hehe

slaam kenal dan salam sejahtrah...!!! hehehehe oia menyakunt artikelnya ane teetap pilih blogger sonb karena lebih mudah terindeks google dan sedikit menguasai html...!!! untuk keduanya blumpernah nyoba satu ajch ngak karuan dalam mengelolahnya sobat,,,!!!! nice share sobat...!!!

mywapblog 'n wen.ru aku baru tau loh.. ga gaul bgt yak.. hehe..
aku ttp pilih blogspot aja.. coz mo yg lain jg ga ngerti caranya. :D

Betul sekali sobat.
wen.ru dan mywapblog emang berbasis wap, sama kayak xtgem juga. Banyak jebolan xtgem yang mempunyai website di mywapblog sob. Tapi mereka juga masih menggunakan xtgem untuk keperluan tertentu.

Wah pengguna setia blogspot nih. Nggak mau nyoba yang lain sob?
Buat percobaan atau cadangan gitu. Tapi tetep blog utamanya berada di blogspot. Itu kalau nggak repot mengelolanya sih :)

Web-hosting banyak sekali sob. Tapi yang paling terkenal di public emang blogspot dan wordpress. Padahal banyak juga yang menggunakan blogdetik, livejournal, kompasiana dll.

He..he..
Nggak semuanya sih, cuma lumayan banyak yang sudah ane coba. Namanya juga newbie sob, maunya yang simple dan enak dipakai buat ngeblog gitu.

Sama dong sob. Awalnya juga pusing kepala saat mempelajari platform baru. Tapi lama-kelamaan juga ngerti sendiri. Guru andalanku ya mbah google (^_^)

Blogger emang miliknya google sob. Jadi sedikit lebih banyak akan di prioritaskan, asal artikelnya bermutu dan berbobot. Tapi banyak juga artikel mywapblog yang terindeks di google. Buktinya hampir semua artikelku di mywapblog terindeks google sob.

He..he..
Kalau nyaman-nya di blogspot, nggak usah nyoba yang lain sob. Ntar malah pusing kepala dan nggak fokus mengelola blog-nya. Akhirnya jadi terbengkalai deh :)

berawal dari multyp sampe akhirnya kepincut sama si cepot yang semua saya pelajari sambil tertatih-tatih soale soal tulis menulis dan utak-atik ndak punya basic apa-apa. Dan dengan kebaikan dari gugel serta bw, akhirnya dikit-dikit mulai ngerti sicepot. Multya sama si wp malah lupa loginnya

He..he...
Ternyata kita sama ya kang. Berawal dari nggak punya basic apa-apa. Tapi karena seringnya berselancar di rumahnya mbah google, sedikit demi sedikit mulai mengerti. Disamping baca buku juga di perpustakaan kabupaten pati. Setelah baca buku, terus ane praktekkan di internet perpustakaan.

Ane juga kepincut sama si cepot ketimbang si wp dan si multi.

kunjungan perdana...kok bisa nyasar kesini ya...yg penting bewe deh...tul gak bang... ane milih blogspot juga karena milik google jadinya lebih mudah disearch kan...

He..he...
Nyasar nggak masalah kang. Yang penting Blog-Walking. Kemarin ane juga nyasar ke blog-nya sobat.
Btw emang betul itu sob, blogger.com sudah di akuisisi oleh google.

syukurlah dulu aku mendengarkan nasehat kawan blogger lain yang katanya kalau mau aksis di blogspot maka siapkan sebuah blog untuk eksperimen agar blog utama tidak hancur.

pernah pake wen.ru waktu pertama kali nyari receh di admob,
akhirnya make jumla sama wepe sebelon jadi blogger :D
apapun jenis blognya, yang penting minumnya wedang kopi hehe
makasih sharenya

Betul sekali kawan.
Apapun platform blog-nya, minumnya wedang jahe he..he...
Wah sudah mahir pakai joomla sob, aku belum pernah nyoba. Gampang apa susah sob pakai joomla?
Maklum masih newbie, jadi harus banyak belajar sama master-nya.

Kalau ane dulunya malahan nggak punya blog eksperimen sob. Yang hancur itu blog utamaku malahan. Karena nggak bisa mengembalikan ke posisi semula, terpaksa bikin blog lagi.

Namun karena kegagalan itu, ane jadi banyak belajar dari kegagalan tersebut.

idih dapat ilmu lagi neh,sekarang setelah sekian lama berguming di blog spot dan WP tak mencoba main ke Mywapblog,buat sekedar mengisi ilmi pengetahuan saja toh??
salam blogger...

Silahkan dicoba sob. Seru kok bermain di mywapblog.com :)

Sekalian belajar mengenal beberapa platform blog yang berformat xhtml. Ngeblog disana asyik karena ada fasilitas chat roomnya. Apalagi kalau sobat ngeblognya lewat komputer, mywapblog sangat powerfull sekali sob.

sama sepertiku berarti kamu sob.
Aku juga daftar blog seperti : blogspot, wordpress, multiply, heck.in yang nama domain kesemuannya '' idjas ''.Dan sya juga berencana waktu dekat ini mau buwat lagi.
he.he.he. . .
Ya seperti katamu sob semua para blogger nyobak daftar blog gratisan.

Betul sekali sob. Seorang blogger harus berani mencoba beberapa platform. Mencari pengalaman itu perlu sekali sob. Mengambil pelajaran di dalamnya jika bisa :)

ane mah udah satu hati sama produk google gan. blogspot dah


#salam kenal
]]anda follow, saya folbak *ngarep

Satu hati ya sob.
Ane juga jatuh hati sama blogspot. Web-hosting yang lain juga. Untuk melengkapi kekurangan yang ada. Dan akhirnya blogspot makin keren, hebat dan powerfull dimata para pengunjung.

hahhahaa...
aq baru pake blogspot aja..
wenru dan mywapblog blm...
:P

kunjungan perdana sob, salam kenal sob, wah menarikni, aku juga pungguna blogspot sob, tapi aku sekarang milih mywapblog sob, met malam ya sob, jangan lupa mampir ya sob :-)

saya baru mywapblog saja, dan masih enjoy di mywapblog...karena sering pakai hp.
kalau pake komputer boros kuota...

Rame banget kolom komentnya, asyik juga postingannya, ngakak bin guling2, bukan ngakak mencemooh ente gan, lebih ke saya sendiri, senasib. Udah newbie haus ilmu, kurang perhitungan juga, nasibnya sama, saya tadinya bikin di blogspot jadi blog utama sekarang malah hancur gak karuan, karena udah gak bisa balikinnya lagi ya bikin lagi jadinya. awal kenal ngeblog dulu lewat hp, Tagtag.com sama peperonity, sekarang udah sebatang kara gak tau nasibnya. rencana pengin bikin di xtgem atau mywablog, bagusan mana ya gan.
Pokoknya ngeblog dan ngeblog ajalah selagi sempet. Keep posting aja gan.

saya jug heran dengan MWB, postingan di blog sana keliatan sederhana tapi komentatornya bejibun. solid-salut

1. Silakan buka Daftar Isi untuk melihat artikel menarik lainnya
2. Komentar sobat adalah investasi besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Blog Sobat

Back To Top