Bisnis Online I Affiliasi I Tutorial Blog I Tips & Trick I Motivation I SEO

Cara Penanganan Komentar Spam

Dear Sahabat,
Seperti kita ketahui bersama, komentar spam itu ada dua jenis. Yang pertama adalah komentar yang nggak berbahaya namun cukup mengganggu pemandangan, dan yang kedua adalah komentar yang berbahaya karena memiliki tujuan khusus didalamnya seperti phising, malware dan menyebarkan virus-virus berbahaya. Untuk itu diperlukan kewaspadaan dari sang pemilik blog itu sendiri agar terhindar dari serangan semacam ini.

Tadi malam ane sempet berbagi bagaimana cara menembus benteng pertahanan blogger di grup warung blogger. Tak disangka tulisan saya mendapat respon yang beragam dari para senior blogger. Dari obrolan ringan itu ane jadi mengerti bagaimana cara penanganan komentar spam yang baik dan benar, karena tidak semua komentar spam harus dihapus apalagi yang terjaring adalah temen kita sendiri namun karena keteledorannya menyebabkan komentarnya ikut terkena razia simbah blogspot. Untuk itu diperlukan tindakan khusus terkait komentar semacam ini karena jenis komentarnya berbeda.

Berikut tanggapan-tanggapan para senior blogger terkait update status saya yang ane abadikan dalam bentuk percakapan yang renyah, gurih, menyegarkan dan nggak bikin mabuk kepayang antara Saya, Pakde Cholik, Fikri El Frana dan Susindra Craft.

Saya     : Salah satu cara yang ane anjurkan untuk meningkatkan pagerank adalah dengan cara blogwalking dan memberikan komentar di rumah maya sahabat blogger. Namun apa jadinya jika komentar kita terjaring filter spam blogspot. Maka usaha kita sia-sia belaka. Tapi jangan khawatir karena ane telah menemukan cara jitu agar bisa lolos dari benteng pertahanan blogger. Baca ulasan lengkapnya pada artikel sebelum postingan ini ya kawan.

Pakde   : Jika saya memakai profil wordpress maka yang muncul adalah blog gratisan saya dong mas. Padahal saya ingin memasang blog yang lain. Saya tidak suka memakai profil Google account karena sasaran saya nggak akan tercapai. Jadi saya tetap pakai url blog yang menjadi sasaran. Terima kasih, salam hangat dari Surabaya.

Saya     : Yups itu betul. Namun hanya cara ini yang bisa menembus benteng pertahanan blogspot pakde. Ada cara lain mungkin?
Pakde   : Cara lainnya adalah agar pemilik blog juga melihat spam. Jika teman sendiri segera bebaskan atau kami tinggalkan <----You and me--> END !

Fikri      : Dulu saya sempat membaca masalah ini di salah satu forum. Dan end point-nya, adalah jangan banyak meninggalkan URL pada post komentar. Jadi boleh aja kok pakai yg anonymous dan URL + name asal jangan NGEJUNK. Selain itu, komentar yang terlalu sedikit bisa juga terindikasi atau komentar dengan kalimat yang sama berkali-kali.
Saya     : Betul sekali. Menurut pengamatanku memang yang sering terjaring pasti menggunakan dua pilihan tersebut. Kalau nggak anonymous pasti yang name/url. Dan kebanyakan komentarnya terlalu singkat dan sedikit. Menanamkan link hidup yang membahayakan.

Susindra : Saya jarang menemukan spam dari teman-temen. Biasanya yang masuk spam adalah mereka yang setiap berkomentar selalu menambahkan link atau komentarnya copas sana-sini. Itu pengalamanku sih. Beberapa hari sekali juga saya cek spam dan mempublish komentar yang masuk - jika nonpromo atau semacamnya.
Saya      : Betul banget itu sob. Yang terjaring biasanya promo-promo sesuatu gitu sama yang menanamkan link hidup. Orangnya sama namun memakai nama yang berbeda-beda. Kalau belakangan ini malah banyak yang anonymous yang terjaring. Pakai bahasa inggris yang nggak jelas lagi. Kalau sobat blogger saya pastikan nggak ada yang masuk spam. Setiap hari juga memantau filter spam blogger kok.

Susindra  : Sebenarnya agak takut jika kelak ada virus atau malware dibalik komentar-komentar semacam ini. Makanya waspada sendiri.
Pakde     : Yang pake username obat ini itu dan komen hanya basi-basi biasanya saya delete. Komen berbahasa asing umumnya saya spamkan.
Susindra  : Ada to pakde?
Pakde     : Banyak jeng. Di salah satu blog saya ada 31.000 komen yang statusnya pending je. Mabuk aku deletenya.

Fikri  : Pakde, di buatin aja komentar spam berbayar. Rp. 1000 per spam. Lumayan tinggal di kalikan. wuiiih.
Saya  : Mana ada spam berbayar sob. Yang ada iklan berbayar atau domain berbayar.
Fikri  : Biar seger sob yg nyepam.
Saya  : ha ha ha bukan seger malah mblenger alias mabuk sob.

Begitulah gambaran cara mengatasi komentar spam. Setiap blogger memiliki cara dan kebijakan sendiri. Saya hanya menyarankan cara menembusnya saja, mau dipraktekkan atau tidak itu hak mereka. Hidup ini bebas asal tidak merugikan orang lain dan diri sendiri.
SHARE :

Cara Unik Masak Mie Instan

HEBOH..!!! - Kata itulah yang mungkin akan sahabat katakan tatkala melihat VIDEO UNIK masak mie instan berikut https://youtu.be/1MEs9a-973U.
6 Komentar untuk "Cara Penanganan Komentar Spam"

Semua orang memiliki kebijakan dan cara penanganan sendiri terkait komentar spam yang membahayan atau mengganggu kenyamanan sang pemilik blog.

kalau misalnya kena kayak gitu, yang mengakibatkan virus masuk ke komputer nya gimana ya mas?

Informasi Khusus:
Komentar yang menggunakan tulisan tidak standar terpaksa saya hapus karena mengganggu kenyamanan pengunjung blog ini. Tidak semua pengunjung blog ini adalah pengguna blackberry atau laptop. Masih banyak pengunjung setia blog ini yang masih menggunakan operamini sebagai andalannya dalam berselencar dalam dunia maya dan ngeblog. Tulisan yang nggak standar tidak bisa terbaca dengan baik dan itu cukup mengganggu bagi temen-temen kita yang sedang mencari informasi di blog ini.

Kalau untuk situs ane belum mempelajari secara mendalam bagaimana cara penyebarannya. Tapi kalau link hidup biasanya diarahkan ke sebuah file yang bisa kita download. File tersebut biasanya sebuah game ringan yang disisipkan virus didalamnya. Bagi yang mengerti tidak akan mendownload file jebakan tersebut, tapi yang nggak mengerti malah akan langsung di download aja tanpa mengetahui file yang di download.

Link hidup juga sering dimanfaatkan orang nggak bertanggung jawab dengan mengarahkan ke situs yang digunakan sebagai situs phising atau situs jebakan untuk mencuri password.

Hal yang lebih mendasar kalau saran saya diaktifkan moderasi pada komennya. jadi kita bisa mengkontral unuk tingkat ke amanan semua rekan-rekan yang terbiasa memberikan komentar dengan membangun kounikasi yang baik dalam ber blogging.

Sukses selalu
Salam wisata

diblogku tipa hari ada spam tapi anehnya hanya 2 satu postingan lama, gimana ya biar masuk ke spam krn sebagian masuknya bukan ke spam. Gak masalah sih karnea aku moderasi komennya tapi lama-lama pegel juga

1. Silakan buka Daftar Isi untuk melihat artikel menarik lainnya
2. Komentar sobat adalah investasi besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Blog Sobat

Back To Top