Bisnis Online I Affiliasi I Tutorial Blog I Tips & Trick I Motivation I SEO

Objek Wisata Air Terjun Tedunan - Kebo Amuk Waterfall

Pati adalah sebuah kota kecil yang terletak di Propinsi Jawa Tengah. Meskipun kecil kota yang memiliki makanan khas berupa Nasi Gandul ini ternyata adalah sebuah Kota Karesidenan. Adapun wilayah-wilayah yang masuk karesidenan pati meliputi Kabupaten Kudus, Jepara, Rembang, Blora dan Grobogan. Sebagai warga pati asli, kita patut bangga karena bisa tinggal di kota karesidenan.

Kabupaten Pati ternyata juga memiliki banyak sekali tempat wisata. Beberapa diantaranya sudah banyak dikenal dan tidak asing lagi di telinga kita, namun banyak pula yang belum dikenal. Salah satu contoh tempat wisata yang belum banyak dikenal adalah Air Terjun Tedunan yang memiliki nama keren Kebo Amuk Waterfall. Tedunan sendiri memiliki arti suatu tempat yang sangat dalam dan curam. Oleh sebab itulah air terjun yang terdapat di Dukuh Jonggol Desa Sitiluhur ini dinamakan Air Terjun Tedunan karena letaknya yang berada di bukit yang sangat terjal.

Air Terjun Tedunan ini awalnya sepi pengunjung. Namun karena adanya media sosial yang semakin canggih, objek wisata ini semakin dikenal luas. Ditambah lagi dengan kesadaran masyarakat desa sitiluhur yang mengerti akan potensi wisata di daerahnya makin membuat tempat wisata ini berkembang dengan pesat.

Konon asal usul adanya Air Terjun Kebo Amuk (Tedunan) ini adalah hasil dari kerbau yang sedang mengamuk. Jadi pada zaman dahulu kerbau dijadikan sebagai alat untuk membajak sawah. Entah kenapa dua kerbau yang biasa digunakan untuk membajak sawah tersebut tiba-tiba mengamuk dan tidak patuh pada majikannya. Kedua kerbau tersebut terus mengamuk hingga ikatan talinya terlepas dari penyangga alat bajak dan tidak bisa dikendalikan. Satu kerbau lari hingga jatuh ke dalam sungai hingga terbentuk sebuah kolam berbentuk bundar (area wisata air terjun) dan satunya lagi lari sampai timur air terjun yang sekarang dinamakan Tegal Rante karena saat itu kerbau yang lari dan tertangkap akhirnya di rantai supaya tidak lari dan mengamuk lagi.

Itulah sedikit cerita rakyat tentang asal-usul terbentuknya air terjun kebo amuk. Anda boleh percaya atau tidak dengan cerita yang beredar di masyarakat. Namun yang jelas air terjun tedunan ini memiliki keindahan yang luar biasa. Kalau tidak percaya, silahkan saksikan video liputan saya dibawah ini dengan menekan tombol play atau meluncur ke channel youtube yang saya sediakan berikut https://youtu.be/oo4cbYD1ZEM

SHARE :

Cara Unik Masak Mie Instan

HEBOH..!!! - Kata itulah yang mungkin akan sahabat katakan tatkala melihat VIDEO UNIK masak mie instan berikut https://youtu.be/1MEs9a-973U.
6 Komentar untuk "Objek Wisata Air Terjun Tedunan - Kebo Amuk Waterfall"

Saat akhir pekan, objek wisata ini semakin ramai oleh pengunjung terutama dari wilayah pati dan sekitarnya.

mandi disana pasti seger ya mas

Seger lagi mandi di air terjun sama makan bakso spesial isi telur, nggih Mas..

Nggeh mas rozi. Pripun niki kabare kok betah banget teng luar negeri.

Dijamin seger mas. Saya aja sampai ketagihan pengen kesana lagi.

1. Silakan buka Daftar Isi untuk melihat artikel menarik lainnya
2. Komentar sobat adalah investasi besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Blog Sobat

Back To Top