Bisnis Online I Affiliasi I Tutorial Blog I Tips & Trick I Motivation I SEO

Cara Menulis Artikel Dengan Menyisipkan SEO

Dear Sahabat,
Ada pertanyaan yang ingin saya tanyakan pada temen-temen semua. Menurut kalian seo itu penting nggak sih? Soalnya ane sering banget menjumpai blog yang isinya hanya curhatan belaka, disisi lain ane juga sering menemukan situs yang kontennya banyak mengandung unsur kata kunci untuk konsumsi search engine. Bahkan ada yang menerapkannya secara berlebihan dengan menuliskan kata-kata tersebut secara berulang-ulang.

Menurut saya pribadi seo itu penting sekali mengingat tema yang saya usung dalam web ini adalah tutorial. Karena jika saya hanya mengandalkan blogwalking untuk mendatangkan pengunjung sebagai imbal balik, ane yakin statistik kunjungan akan turun drastis manakala saya nggak sempet blogwalking karena kesibukan saya di dunia nyata. Untuk itu ane terus berusaha menyajikan artikel-artikel menarik yang enak dibaca namun tidak lupa untuk menyisipkan keyword di dalam artikel itu..

Secara umum artikel yang baik itu memiliki lima unsur penting yaitu judul tulisan, isi artikel, kesimpulan, kait kata, dan deskripsi. Setiap unsur memiliki fungsi sendiri dalam teknik seo. Mungkin penjelasan dibawah ini bisa membantu kawan-kawan dalam memahami coret-coretan ini.

1. Judul artikel (title)
SEO terkuat itu terletak pada judul tulisan. Jika sebuah title mangandung kata-kata yang sering dicari orang, maka sebenernya orang tersebut telah menggunakan ilmu seo meskipun tanpa ia sadari. Di bagian inilah letak keunggulan WordPress dibanding blogspot. Permalink wordpress mampu menampung kalimat yang cukup panjang sehingga kita bisa bebas memasukkan kata yang mengandung kata kunci disini.

2. Isi artikel
Paragraf pertama merupakan bagian terpenting yang nggak boleh kalian abaikan. Jadi sebisa mungkin selalu sisipkan kalimat yang ada kaitannya dengan judul artikel. Anda dapat menandainya dengan warna yang berbeda, huruf tebal, huruf miring atau memberi link hidup. Konten adalah cerminan sebuah blog.

3. Kesimpulan
Sebuah karya tulis atau karya ilmiah wajib menyertakan kesimpulan pada akhir tulisan. Tapi tidak semua tulisan memiliki unsur yang satu ini contohnya saja flash fiction. Jadi pembaca sendiri itulah yang dituntut untuk bisa menyimpulkannya sendiri.

4. Kait kata (tag)
Tag atau kait kata sering kita jumpai dalam platform wordpress. Meskipun sifatnya optional, bagian ini sering dimanfaatkan oleh blogger yang ingin membidik kata kunci. Makanya jangan heran kalau sebuah artikel memiliki kaitan yang banyak sekali. Berhubung blogspot tidak ada menu ini, sobat blogger bisa memainkan pada bagian kategori atau label.

5. Deskripsi (Description)
Deskripsi umumnya hanya ada pada homepage saja. Jika web hosting yang kalian gunakan menyediakan menu deskripsi pada single post, anda dapat memaksimalkan teknik seo pada bagian ini. Metode ini sering saya pakai pada situs coker.wen.ru. Setiap artikel yang saya terbitkan disana selalu saya sisipkan meta tag (keywords dan description)

Itulah lima elemen penting dalam bermain seo. Gunakan dengan sebaik-baiknya tapi jangan berlebihan. Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik di mata manusia dan search engine. Semoga tips menulis artikel yang baik ini bermanfaat bagi orang yang membutuhkannya.
SHARE :

Cara Unik Masak Mie Instan

HEBOH..!!! - Kata itulah yang mungkin akan sahabat katakan tatkala melihat VIDEO UNIK masak mie instan berikut https://youtu.be/1MEs9a-973U.
18 Komentar untuk "Cara Menulis Artikel Dengan Menyisipkan SEO"

Menulis adalah belajar menuangkan sesuatu yang ada dalam pikirannya. Darisanalah sumber identitas atau gaya bahasa seorang penulis.

wah om yitno mantap abis, tapi aq ora mudeng to mas,baru sinau blog 3 bulanan mas, asli ku perum rondole mas blakang STM skrg di cilegon, om yitno skrang dimana nich?

mantaps gan. Ane udah terapkan . Hehehe

makasi infonya ya om, berguna sekali bagi saya yang awam sama SEO :)

Mau tanya mas,, maksudnya blogspot permalink kurang panjang gimana ya.. Newbi nih :)

wah, saya sedang ikutin kontes SEO mas, beberapa jam di post langsung masud dipage 1 google,,, kurang lebih menerapkan itu semua

kalau di wordpress.com alamat url menggunakan istilah permalink. Nah di wordpress itu mampu menampung alamat yang cukup panjang. Jadi kita bisa memasukkan keyword yang kita bidik disana semua. Sedangkan di blogspot nggak terlalu panjang. Tapi masih lumayan bagus mengingat blogger.com adalah anak emas mbah google.

sip artikelnya mas..., makasih *smile

wah makash atas ilmuny lagi...
saya baru tahu hehe

huum, saya jarang-jarang bikin kesimpulan :D

oh ya, bolehkah saya meminta endorsement untuk buku kemilau cahaya emas jilid dua?

Assalamu alaikum kak maya.
Yang dimaksud endorsement itu yang bagaimana ya. Mungkin bisa ngasih contoh. Soalnya ane belum mengerti dan belum pernah membuat endorsement eee kak.

Contoh endorsement:

Buku yang keren. Dalam kisahnya terselip nasihat yang memukau, baik secara langsung maupun tidak. Maka tidak beruntunglah orang yang tidak membacanya.
(Nurfaisyah, Calon Apoteker, Makassar)

Jadi semacam kesimpulan, kata pengantar singkat atau prolog kayak novel gitu ya kak. Paling tidak ane harus membacanya dulu dong kak agar bisa menilai dari sudut pandang saya hehehe

Terima kasih. Komentarnya sudah saya hapus.
Oh ya, mohon cek email. Sudah saya kirimkan.

Kalo masalah itukan bisa di atasi mas. . . Waktu menulis artikel kan disamping kanan ada url khusus..itu bisa membuat permalink yang panjang :)

ternyata cukup rumit juga ya mas untuk membuat artikel yang bisa SEO Friendly :)
terimakasih banyak master atas ilmunya :)

1. Silakan buka Daftar Isi untuk melihat artikel menarik lainnya
2. Komentar sobat adalah investasi besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Blog Sobat

Back To Top