Teknik membuat menu pencarian blogspot dan menu search engine - HP Yitno Teknik membuat menu pencarian blogspot dan menu search engine - HP Yitno

Bisnis Online I Affiliasi I Tutorial Blog I Tips & Trick I Motivation I SEO

Teknik membuat menu pencarian blogspot dan menu search engine

membuat menu search engine blog dan blogger
Dear Sahabat,
Bagaimana suasana hatimu hari ini, kalau lagi senang mari kita bergembira dan tersenyum dengan semangat. Kalau lagi sedih atau galau, jangan bikin status di facebook ya ( nyindir banget ya sob ). Maaf ya kalau agak sedikit nyindir. Menurut ane sih, kalau lagi galau atau sedih sebaiknya curhat sama sahabat atau teman dekat, jangan update status. Semua orang kan jadi tahu kegalauanmu. Bukannya nggak boleh, di khawatirkan ada pihak-pihak yang memanfaatkan kegalauanmu itu.

Ok kali ini akan membahas bagaimana membuat menu search engine pada blogspot. Sebenarnya sudah banyak yang membahas masalah ini, tapi kebanyakan hasil dari copy paste bukan hasil analisa dan pencarian sendiri. Ilmu dasar yang harus sobat miliki adalah pengetahuan tag html yaitu tag form method ditambah ilmu pencurian script yaitu klik kanan - view source atau server:source pada operamini.

Berikut script menu search engine pada blog dan google:
1. Mywapblog.com
<form id="search_form" method="get" action="http://pati.mywapblog.com/?search">
<input type="text" size="20" name="search" value=""/><input type="submit" value="search"/></form>

2. Blogspot
<form id="search" method="get" action="http://hp-yitno.blogspot.com/search?q">
<input type="text" size="20" name="q" value=""/><input type="submit" value="search"/></form>

3. Google mobile
<form class="s2czgq" id="homepage_query_box_form" action="http://www.google.co.id/m">
<input class="i12k9h" id="homepage_query_box_textbox" type="text" name="q" size="20"/><input class="x57jp" id="homepage_query_box_submit" type="submit" value="search"/></form>
Versi dekstop menggunakan action="http://www.google.co.id/search"

4. Yahoo
<form id="search" method="get" action="http://search.yahoo.com/search?p">
<input type="text" size="20" name="p" value=""/><input type="submit" value="search"/></form>

Kalau mau memanipulasi supaya lebih sederhana, attribute action dan name harus diperhatikan. Karena keduanya juga mempengaruhi script bekerja apa tidak. Setiap search engine memiliki pengkodean sendiri.

kita ambil contoh script google, kita bisa sederhanakan seperti ini:
<form method="get" action="http://www.google.com/search">
<input type="text" size="20" name="q" value=""/><input type="submit" value="search"/></form>

Yang terpenting action="http://www.google.com/search" dan name="q" wajib diikutsertakan. Untuk id=search hanya sebuah perintah yang dikontrol oleh css (cascading style sheet)

Untuk kode name="..." setiap search engine berbeda. Silahkan sobat cari dengan menggunakan metode pencurian script yang ane ajarkan. Kalau nggak mau repot, ane ada beberapa yang sudah ketemu.
# Google dan Blogspot menggunakan name="q"
# Yahoo menggunakan name="p" tapi bisa juga dengan name="q"
# Mywapblog menggunakan name="search"

Seperti di awal, script diatas berbasis pencarian web. Untuk pencarian gambar dan location, ada beberapa script tambahan lagi. Itupun hanya versi mobile yang dapat ane lihat. Untuk versi dekstop, ane nggak bisa melihatnya karena diproteksi oleh pihak google sendiri. Script tambahan itu adalah:
# untuk action menggunakan action="http://www.google.co.id/m/search"
# untuk gambar, tambahkan <input type="hidden" name="site" value="images"/>
# untuk location, tambahkan <input type="hidden" name="site" value="local"/>

Untuk lebih jelasnya seperti ini ( contoh pencarian gambar):
<form method="get" action="http://www.google.co.id/m/search"><input type="hidden" name="site" value="images"/><input type="text" name="q" size="20" value=""/><input type="submit" value="search"/></form>

Bagaimana kawan cukup mudah bukan membuat menu search engine pada blog. Kalau mudah silahkan dipraktekkan dan kreasikan dengan sentuhan css supaya lebih indah. Selamat mencoba kawan :-)
SHARE :

Iklan Lucu & Super Kreatif Di Dunia

Amazing..!!! - Kata itulah yang mungkin akan anda katakan tatkala melihat iklan paling kreatif & termahal di dunia berikut https://youtu.be/jYsx0nlGtJ4.
77 Komentar untuk "Teknik membuat menu pencarian blogspot dan menu search engine"

Wah, dapat ilmu lagi neh hehe...
Thanks ya sob :)

Saleum,
Alhamdulillah kabarku sehat kang, walaupun tiap hari kena ujan dijalan tatkala mau back to home tapi insya Allah saat ini masih kuat bewe :)
triknya mantap deh aku mau simpan untuk keperluan lebih lanjut.

Jika ditambah beberapa kode lagi, maka munculnya tidak di Google tapi tetap di blog kita.
Saya pernah membuatnya di blogspot

Sama-sama sob.
Setiap hasil uji coba yang ane lakukan, kalau itu berhasil dan bermanfaat, InsyaAllah akan ane share. Termasuk cara membuat kotak pencarian blogspot ini sob.

Silahkan disimpan dan di praktekkan kang dmilano. Nanti jangan lupa di posting juga ya artikelnya. Siapa tahu ada ilmu baru yang belum ane kuasai. Barangkali kang dmilano bisa menemukan script gambar yang diproteksi pihak google. Versi dekstop atau pc tentunya.

iya ne om kena sindirannya hehehe... belum pernah neh nyoba kode yang di atas... nyimak dulu ya om...

Wah ane belum tahu pak Mars.
Pakai metode target sama iframe ya pak Mars. Soalnya ada attribute target juga yang bisa disematkan pada form method dan nggak ane jelasin di artikel ini. Mencari tujuan target di postingan blogspot yang belum tahu ane pak. Nama target di postingan blogspot apa ya pak?

Menyimak, dipelajari dan dipraktekkan akan lebih bermanfaat sobat. Kalau sobat ngeblognya pakai hape. Menu search akan sangat berguna di kemudian hari jika postingannya sudah diatas lima puluh sob.
Menu pencarian kan juga bisa mempermudah pengunjung mencari sesuatu di Blog kita kan sob?

wah susah jg yaeah.... mkasih sob

betul sob, kotak search ini berguna sekali dalam membantu menemukan sebuah post, jadi lebih memanjakan pengunjung dong, sip mantab :D

Waaahhh... saya cukup yg standart2 aja dulu ahhh... :)

Postingan bermanfaat mas .. :)

Gan, ane pke hp. Ko bisa y muncul searchny gitu. Patut d coba euy.
Trus yg yaho ma myblog klo kita blm daftarin blog kita msh bs d search g ya?

Ilmu dasar dan ilmu pencurian hahahaha
Boleh juga nih..
Nice post kawan :)

Emang agak sedikit susah sih sob.
Ane aja perlu melakukan percobaan beberapa kali untuk memastikan script bekerja apa tidak? Itulah sedikit misteri kotak pencarian google, yahoo dan blogspot.

Menu search emang mantap sob. Apalagi jika dikombinasikan dengan css dan gambar. Akan lebih menarik dan terlihat indah sob.

Menu pencarian blogspot sangat diperlukan sekali. Selain memanjakan pengunjung, menu search engine juga bisa kita gunakan sebagai jalan pintas untuk mencari referensi kan?

Standar aja dulu nggak masalah sob. Ilmunya disimpan aja dulu. Suatu saat pasti berguna jika sudah bosan dengan tampilan standar.
Jika hanya mengandalkan widget kotak pencarian bawaan blogspot, tampilannya akan tetep standar kan?

Alhamdulillah jika postingan ane dalam membuat menu search engine bermanfaat.

Kalau google sih otomatis terindeks jika kita menggunakan blogspot. Untuk yahoo, emang perlu mendaftarkan blog kita dulu ke search engine tersebut. Kalau sudah masuk indeks search engine yahoo, bisa kita lakukan pencarian lewat menu search engine tersebut.

Sebuah ilmu dasar pengenalan tag html akan sangat membantu kita dalam mengembangkan kreatifitas kita dalam web-designer. Tag "form method" hampir 90% selalu digunakan. Dan ini adalah ilmu dasar dan wajib diketahui bagi seorang web-designer.

biasanya kalau saya nyari artikel seperti ini langsung disuguhin script dan cara pasangnya tapi disini beda ada penjelasan-penjelasan yang menambah pengetahuan

Silahkan sob disimak ilmu membuat kotak pencarian blogspot dan kotak pencarian search engine. Siapa tahu akan berguna suatu saat nanti.

He..he...
Ini juga hasil percobaan dan analisa sob. Sebelum bikin postingan ini, script-nya sudah tak uji coba. Percobaanku bertujuan untuk mengetahui cara kerjanya. Kalau kita sudah tahu cara kerjanya, kita bisa memanipulasi sesuka kita kan. Berbeda kalau hanya copy-paste script yang sudah jadi. Selamanya kita nggak tahu cara kerjanya. Hanya tahu penggunaannya saja. Terus kreatifitas kita mau ditaruh dimana.

Siap di uji coba kan sob, script kotak search engine google, yahoo, dan blogspot?

mantap tips & triknya, makasih udah sharing disini

RaDiAl ga ngerti om...ijin save aja, siapa tau gede ntar penting ilmunya hehe

wah mas yitno ni emang ahli beginian...
padahal yg gampang ada lho mas....
:)
makasih...
nice artikel..

he..he..
Sekedar berbagi ilmu yang ane bisa sob. Menu search engine dan menu search blogspot kan sangat umum sob.

Wah yang komentar Radial langsung ya?
Di save aja dek, nanti kalau udah gede bisa di praktekin ilmu membuat kotak search engine dan kotak search blogspot.

Wah yang gampang yang seperti apa ya sob. Boleh dong di share. Buat menambah wawasan ane yang masih newbie sob. Tak kirain, script ane dalam membuat menu search engine sudah lumayan simple, ternyata ada yang lebih simple lagi ya.

yaaahh... telat lagi...
dulu pernah coba utak-atik di xtgem, tapi tersendat. masalahnya akses inet yg mahal lg, karang pake handler dah bisa greetz. pengen begelut lagi di xtgem, tapi sibuk ngurus AQSEP gan,,,
#--!jiaaaah.. kok malah curhat--#
hehehe...

Sekarang sudah bisa berkreatifitas lagi kan sob? Kan sudah gretzz. Asal ada semangat untuk ngeblog, mau bergelut dimana aja nggak masalah. Yang penting hepi deh sob.
Curhat sih boleh, tapi paling tidak disisipi yang ada hubungannya dengan artikel.
Komentar yang berbau spam, dengan terpaksa akan ane hapus.

cocok, akur, betul, idem, apalagi ya, udah semua tuh kayanya :p

Betul sekali sobat.
Yang belum ane share yang kombinasi itu semua dalam satu pencarian sob. Baru ketemu script dan cara kerjanya. Lagi-lagi dalam versi mobile.
Ane pengen otak-atik yang versi dekstop, tapi paling tidak harus buka lewat pc atau lap-top. Biasa sob, mengintip script dan mempelajarinya.

oke lah kang,, ditunggu artikel lainnya,,,
sukses trus kang...

harus belajar dari awal lagi nih sob

Siiiip lah sob.
InsyaAllah selalu update. Menjadi bermanfaat bagi orang lain adalah hal besar yang ingin ane lakukan sob. Termasuk berbagi ilmu mengenai hal dasar pembuatan menu pencarian mesin pencari google, yahoo, dan blogspot.

InsyaAllah dapat diterapkan dengan sukses sob.
Khusus untuk pencarian gambar google dan location, sementara ini hanya ada dalam versi mobile. Untuk versi dekstop masih belum ketemu script-nya.
Kalau mesin pencari yahoo dan google untuk versi desktop bisa diterapkan semua.

Silahkan di uji coba sob untuk membuktikan script pencarian google, yahoo dan blogspot dapat bekerja dengan baik atau tidak?

Belajar dari awal kan nggak masalah sob. Karena belajar dari awal, sobat akan lebih mengerti fungsi dari form tag dan attribute yang digunakan. Terus tahu cara kerja script searh engine google, yahoo dan blogspot.
Ilmu pengetahuan tak ternilai harganya sob.

mantap kang, intinya jgn asal-asalan kasih nama dan action ya kang? Coba ane utak-atik sendiri he..He..he

Ma'af kang aku mau usul, postingan nya dikasih 'readmore' biar loading dari HP gak berat.
kalo nulis pake HP Coba sampean masukkan kode seperti ini kang <!--more--> dibagian tulisan yg mau dipotong.

Perasaan udah komen deh disini, tapi kok ga muncul ya mas Yitno? :)

Ide yang bagus sob. Tapi sayangnya ane ngeblognya pakai HP. Kalau mau memanipulasi template menjadi read more, harus otak-atik lewat PC. Kalau dipaksakan di otak-atik via HP, browser langsung nge-hang sob.
Ane ada script buat model read more, hanya saja belum tak uji coba sob.

Makasih sarannya. Oh ya bukannya nggak bekerja sob. Soalnya berada di tag komentar kan?

Wah kurang tau juga ya mbak Alaika Abdullah. Di dalam kotak spam juga nggak ada. Perlu ditelaah lebih lanjut nih sistem-nya. Makasih ya mbak Alaika, sudah mau mampir dan menyampaikan keluhannya :)

Kunjungan pagi hari
wah makasih nih untuk tipsnya
kereen

Makasih sobat dah mau mampir.
Hanya sekedar sharing membuat menu search engine google, yahoo dan blogspot sob. Sedikit gambaran tentang cara kerja script pencarian. Siapa tahu bermanfaat.

gitu, okeh sob ditunggu inovasi terbarunya :D

siiip ntar kalau sudah siap tak bikin postingan mengenai search engine google yang versi web, images dan places dalam satu pencarian. Insyaallah.

Ternyata lebih simple lho script pencarian web, gambar sama tempat jika dijadikan satu. Menggunakan metode select option sob.

wah info yang kumplit, tapi saya masih puyeng sama hal yang begenian..he

mantab nich sob.
kerenn

He..he..
Cuma hasil percobaan kok sob. Script pencarian blogspot dan google ini akan menjadi acuan dalam menemukan script-script lainnya yang masih belum terungkap.
Sesuatu yang belum terungkap akan makin asyik untuk dipelajari secara mendalam.

Yoi coyy.
Misteri script mbah google yang versi mobile sudah ketemu sob. Tinggal versi dekstop yang belum terungkap. Ane masih perlu banyak belajar dari para web-designer nih sob. Ada kenalan mungkin?

terimakasih atas infonya, nanti akan saya coba

Lah biar enggak ke google, tapi searchnya biar di blog kita ajah gimana, Mas?

Ok sama-sama sobat. Silahkan kalau mau di uji coba.

Nah itu yang lagi ane cari sob. Terus terang ane belum ketemu caranya. Pak Mars katanya juga pernah bisa menampilkan hasil pencariannya di halaman blog kita. Sudah nyari kesana-kemari masih belum ada yang share. Yang ada pakai model google custom, tapi untuk google adsense. Cara kerjanya pakai javascript. Ane masih belum paham soal itu sob.

Awalnya ane juga nggak bisa kok sob. Tapi karena mau mencoba dan melakukan eksperimen, berhasil juga menemukan script dan cara kerjanya.

Menyimak..tp asli bingung banget Pak..

He..he..
Nyimak dulu nggak masalah sob. Suatu saat pasti bisa membuat sendiri menu search engine ini.

keren mas tipsnya, tapi sayang blog dengan template dynamic nggak bisa disetting html :) sukses terus ya mas..

lho beda template nggak bisa ya sob. Bukannya template dynamic juga bawaan blogspot. Kok bisa ya?
Kalau ane kemarin nggak bisa pasang menu search engine google di laman mandiri sob. Pas aku pasang script-nya, keseluruhan page-ku tertutup layar hitam. Aku buka di mozilla juga begitu. Itu kenapa ya sob?
Apa itu sebuah proteksi dari google sendiri.

Menyimak dan membacanya perlu konsentrasi...bahasa baru buat saya..Btw, commentnya masuk kok di blog saya (gak kena SPAM)..Terima kasih

Makasih infonya.. tapi aku termasuk yg gak berani coba2.. takut malah kacau blogku nantinya, karena aku gak yakin sanggup membenahinya nanti hehehe

baca... tapi bingung kwkwkwk... maklum masih baru New Bie ni
tapi kalau ngerti kayanya ni tips jadi kerennn
hehe
lam kenal mas...

Kalau takut nggak usah nyoba script search engine sob. Ntar malah bingung. Gunakan widget standar aja sob.
Kalau boleh usul, buat satu blog lagi untuk percobaan. Itu yang ane lakukan sob. Ane ada satu blog yang khusus buat percobaan. Kalau hancur nggak bisa membenahi, ane buat lagi.
Harus ada yang buat eksperimen intinya.

Jelas keren sob kalau ngerti. Tapi kalau nggak ngerti, yang ada malah bingung alias mumet. Script search engine itu sederhana tapi gampang-gampang susah. Ane aja melakukan percobaan berkali-kali untuk mendapatkan script itu.

Tetap menulis yang bermanfaat mas Yitno :)

agak ribet, tapi ini lagi aku coba bang :)
makasih untuk infonya :)

Ok sama-sama.
Semoga berhasil menerapkan search engine google dan blogspot sob.

Bagaimana setelah mencobanya. Berhasil dan bekerja nggak sob script search engine-nya?

mantap gan, izin coba ilmunya..

oh ternyata mudah2 susah yah, tapi saya dpt ilmu yg luar biasa disini gan.sukses sllu buat agan

kereen...

izin copas y kak..

http://auto-komputer.blogspot.com

1. Silakan buka Daftar Isi untuk melihat artikel menarik lainnya
2. Komentar sobat adalah investasi besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Blog Sobat

Back To Top