Cara Fokus Nulis Blog - HP Yitno Cara Fokus Nulis Blog - HP Yitno

Bisnis Online I Affiliasi I Tutorial Blog I Tips & Trick I Motivation I SEO

Cara Fokus Nulis Blog

1. Niat Yang Benar
Niat - adalah hal dasar yang harus dimiliki jika ingin menjadi seorang Blogger. Dan niat terbaik bagi seorang blogger bukanlah semata-mata mencari uang melainkan berbagi ilmu pengetahuan kepada semua orang. Siapa tahu ilmu yang kita sharing bernilai ibadah. Berdasarkan pengamatanku, blogger yang fokusnya hanya memperoleh uang - umumnya hanya bertahan satu hingga dua tahun saja. Setelah itu ia akan menghilang entah kemana.

2. Pilih Platform Yang Tepat
Blogger pemula umumnya akan mencari platform yang tepat untuk mereka gunakan. Hal ini biasanya berkaitan dengan minat yang mereka punya. Seseorang yang hanya suka nulis umumnya lebih suka menggunakan wordpress. Tapi bagi orang yang suka design, biasanya cenderung menyukai paltform blogspot. Disana mereka bisa leluasa mengotak-atik kode template untuk mendapatkan tampilan yang mereka inginkan.

Hal semacam itu pernah saya alami juga. Saya pernah nulis di wordpress.com dan blogdetik.com tatkala masih suka copas artikel pak mario teguh yang berisi motivasi kehidupan. Namun akhirnya saya tinggalkan karena saya nggak bisa leluasa memanipulasi template dan memasukkan kode javascript yang hendak saya pelajari. Terlalu banyak memakan kuota juga termasuk salah satu alasannya.

Saya juga pernah nulis artikel di mywapblog.com ketika alat tempur yang saya punya hanya Nokia E63. Di platform inilah saya benar-benar menikmati dunia blogging. Para pengguna mwb umumnya ramah-ramah dan suka berkunjung. Hanya saja terkadang situsnya nggak bisa diakses karena seringnya melakukan maintenance. Meskipun berasal dari india, platform ini banyak digunakan orang indonesia khususnya gretongers indonesia. Pengguna platform ini rata-rata tranformasi dari pemakai xtgem.

Selain mywapblog, saya juga pernah aktif menggunakan wen.ru salah satu situs dari rusia. Untuk bisa menggunakannnya kita dituntut memahami kode html. Untuk blogger yang belum memahami kode html tidak saya anjurkan menggunakan platform ini. Tapi buat sobat blogger yang ingin mencoba membuat website profesional, bisa menggunakan platform ini untuk latihan atau bereksperimen.

Dan platform terakhir yang saya gunakan hingga saat ini adalah blogger.com. Disinilah saya leluasa melakukan segala hal yang saya kuasai. Dari mulai otak-atik kode template hingga hancur. Mencoba bereksperimen dengan kode html dan template serta javascript serta membuat artikel yang isinya bermacam-macam tentang tips and trick (gado-gado).

Tetapi platform blogger juga pernah hendak saya tinggalkan saat pihak blogspot meningkatkan versinya sehingga dashboard blogger tidak bisa diakses lewat operamini symbian. Namun setelah ditemukan cara buat artikel lewat operamini dengan bantuan Beta Blog This [ klik saja ], saya kembali menggunakan platform ini.

3. Passion atau minat
Hal terpenting lainnya bagi seorang blogger adalah passion. Passion adalah tema yang kamu suka itu tentang apa? Cobalah tulis tema itu dengan gaya bahasa kamu sendiri. Tidak usah memikirkan siapa yang hendak membaca tulisan seperti itu. Pokoknya tulis saja, lama-kelamaan kemampuan menulis anda akan berkembang dengan sendirinya.

Umumnya setiap orang itu memiliki banyak passion. Karena sudah suka ngeblog, akhirnya dia ingin menuangkan semuanya dalam website yang sudah dia miliki. Hal ini menurut saya nggak masalah untuk menjaga semangat ngeblog agar tetap membara. Toh nantinya dia akan sadar sendiri betapa pentingnya niche blog. Itulah yang saya alami saat ini.

4. Ciptakan Artikel Yang Unik dan Berbeda
Blogger pemula rata-rata suka mengoleksi artikel yang menurut mereka bagus kemudian memasangnya dalam blog mereka. Blog anda sekilas memang bagus tapi anda tidak dihargai oleh blogger lainnya. Anak TK juga bisa kalau hanya copas artikel orang lain.

Salah satu cara agar tidak terkesan copas 100% adalah dengan memahami maksud yang hendak disampaikan lewat tulisan tersebut kemudian menulisnya kembali dengan gaya bahasa kita sendiri yang terkadang justru malah lebih baik dari tulisan yang anda baca. Yakinlah tulisan anda jauh lebih baik dari mereka. Inilah yang disebut copy writer.

Cara lainnya adalah dengan menulis sesuatu yang berada di sekitar kita. Topik ini biasanya digunakan oleh blogger yang suka kulliner atau jalan-jalan. Setiap tempat yang mereka kunjungi pasti akan menjadi artikel menarik yang disukai banyak orang. Apalagi dilengkapi dengan gambar yang indah dan menakjubkan.

5. Daftar ke Google Webmaster Tool
Hal terpenting lainnya adalah dengan mendaftarkan artikel yang kita tulis ke google webmaster tool. Beruntung bagi pengguna blogspot karena search engine google akan secara otomatis mengindeks artikel anda jika benar-benar berkualitas. Tapi untuk blog baru biasanya butuh beberapa hari untuk bisa terindeks di mesin pencari google.

Buat anda yang tidak sabar menunggu lama, inilah gunanya Google Webmaster Tool [ klik aja ]. Kita bisa mendaftarkan sendiri artikel yang baru kita tulis agar segera di index mbah Google. Konon katanya, situs yang banyak didatangi pengunjung lewat mbah google akan mudah diterima Google Adsense (Program penghasil uang lainnya)

6. Optimalisasi SEO
Banyak cara yang dilakukan pakar SEO untuk menempatkan situs mereka berada di halaman pencarian google. Ada yang menanam backlink di situs berpagerank tinggi. Ada yang menggunakan meta tag dan lain sebagainya.

Tapi menurut saya SEO terbaik adalah dengan menyelipkan kosa kata yang banyak dicari orang lewat search engine. Ingat pengunjung blog kita bukan hanya robot melainkan seseorang yang haus akan informasi. Ketika kita mampu menyediakan informasi yang mereka butuhkan, maka situs kita akan terus menjadi bahan referensi yang selalu mereka kunjungi setiap saat.

7. Sharing ke media sosial
Saat ini pengguna media sosial jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan pemilik blog. Update status mereka rata-rata berisi keluhan atau sesuatu yang tidak bermanfaat. Berhubung kita seorang blogger, jangan sampai update status kita seperti mereka. Alangkah lebih baik jika wall facebook kita gunakan untuk sharing artikel yang kita tulis. Siapa tahu temen-temen kita yang sedang galau di facebook bisa terhibur atau tercerahkan dengan artikel yang baru saja kita tulis.


Demikianlah informasi tentang cara agar tetap fokus ngeblog yang bisa saya sampaikan. Saya hanya manusia biasa yang banyak kekurangan. Jadi kritik dan saran lewat kolom komentar sangat saya butuhkan demi kelangsungan blog ini.
SHARE :

Iklan Lucu & Super Kreatif Di Dunia

Amazing..!!! - Kata itulah yang mungkin akan anda katakan tatkala melihat iklan paling kreatif & termahal di dunia berikut https://youtu.be/jYsx0nlGtJ4.
9 Komentar untuk "Cara Fokus Nulis Blog"

Inilah materi kopdar kedua blogger pati yang saya sampaikan. Semoga kita tetap semangat untuk ngeblog dan memperkenalkan blogger pati ke kancah dunia.

sudah saya lakukan mas semuanya... :D

Mantab artikelnya.. moga bermanpaat...

Menarik banget artikelnya nih Mas...
Yg nomor 1 itu memang yang utama ya Mas. Niat.
Saya bermain di wordpress dan baru ini main di blogspot. Kalau saya, wordpress saya khususkan artikel yang panjang dan detil. Sudah kadung model tulisan saya disana. Kalau di blogspot saya coba nulis yang pendek-pendek, sekitar 300-400an kata.

Apapun, tetap semangat ngeblog.

Salam,

Wah kang Yitno rupanya dah malabg melintang di dunia blog sjak lama ya...

Wah menarik ini.. Semoga bloger pemula seperti saya bisa fokus & konsisten u/ ngeblog. Thanks tipsnya bermanfaat.

keren ulasannya :) yang webmaster, kupikir alamat blog kita doang, jadi link artikel juga bisa ya? kalau umur artikel udah kelewat 5hari, udah terlanjut di page sekian, bisa gak ya dia crawl naik?

kalo saya kendala nya di paling bawah mas, SEO..

1. Silakan buka Daftar Isi untuk melihat artikel menarik lainnya
2. Komentar sobat adalah investasi besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Blog Sobat

Back To Top