Benarkah Pagerank Tiap Halaman Berbeda? - HP Yitno Benarkah Pagerank Tiap Halaman Berbeda? - HP Yitno

Bisnis Online I Affiliasi I Tutorial Blog I Tips & Trick I Motivation I SEO

Benarkah Pagerank Tiap Halaman Berbeda?

Dear Sahabat,
Kemarin siang ane sempet membuat postingan tentang penghalang kenaikan pagerank google. Tak disangka tulisan saya itu mendapat respon yang beragam. Yang cukup mengejutkan saya adalah adanya komentar yang mengatakan bahwa pagerank setiap halaman itu berbeda. Tidak semua dipukul rata berperingkat dua semua. Bisa saja homepage anda memiliki Pagerank:2, sedangkan artikel anda justru hanya mempunyai Pagerank:1.

Statement tersebut membuat ane penasaran dan ingin membuktikan kebenaran omongannya. Kebetulan sekali nama situs ini masih menggunakan subdomain blogspot yang bisa kita ubah sesuka hati extensionnya. Selain itu ada beberapa artikel yang lumayan populer di search engine dan banyak mendatangkan pengunjung darisana. Jadi ane bisa langsung mengecek peringkat masing-masing artikel. Website yang saya pergunakan dalam membantu eksperimen saya adalah www.prchecker.info. Saya kira sobat blogger sudah familiar dengan web yang satu itu.

Berikut cara untuk membuktikan pagerank halaman berbeda:
1. Mengubah extension (homepage)
Kelebihan blogspot dibanding hosting lainnya adalah kita bisa merubah extension sesuka hati kita asalkan nama domain tersebut memang tersedia. Nama lain blogspot yang saya gunakan dalam eksperimen ini adalah blogspot.in dan blogspot.co.il. Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan image dibawah ini:

Page rank homepage berbeda

Pagerank google setiap artikel berbeda

Penjelasan gambar:
Ternyata situs pengecek peringkat menunjukkan nilai berbeda jika kita memasukkan alamat url blog dengan extension yang berbeda. Padahal web ini bisa diakses menggunakan kedua extension tersebut. Kayaknya kedua domain itu berdiri sendiri meskipun masih satu platform.

2. Pengecekan artikel
Percobaan kedua ini yang cukup merepotkan saya. Karena tidak semua tulisan yang mendatangkan pengunjung dari mesin pencari memiliki pagerank. Dengan terpaksa ane harus mengecek satu per satu untuk memperoleh jawaban atas pernyataan yang dilontarkan sahabat blogger tersebut. Setelah bersusah payah, akhirnya ane menemukan sebuah hasil yang cukup mencengangkan. Berikut screenshot yang saya ambil untuk memperkuat artikel ini:

PR google tiap post tidak sama

Page-rank setiap postingan lain

Keterangan gambar:
Kedua artikel saya itu cukup populer di search engine. Tapi kenyataannya nilai yang diperlihatkan tidak sama. Bukankah ini sebuah misteri bagi kita yang harus kita pecahkan bersama-sama? Saya kira kalau kita mampu memecahkan teka-teki algoritma google, kenaikan pagerank akan sangat mudah.

Berdasarkan eksperimen tersebut, ane berani menyimpulkan bahwa setiap halaman atau page memiliki peringkat yang berbeda. Dalam hal ini yang melakukan penilaian adalah mbah google. Adakah pendapat lain yang bisa mendukung artikel ini?
SHARE :

Iklan Lucu & Super Kreatif Di Dunia

Amazing..!!! - Kata itulah yang mungkin akan anda katakan tatkala melihat iklan paling kreatif & termahal di dunia berikut https://youtu.be/jYsx0nlGtJ4.
14 Komentar untuk "Benarkah Pagerank Tiap Halaman Berbeda?"

Jadi setiap artikel itu memiliki pagerank sendiri. Itu artinya kita harus berusaha semaksimal mungkin agar setiap artikel yang kita buat mempunyai peringkat jika ingin naik ke pagerank berikutnya.

wah bener juga mas klu setiap artikel mempunya kualitas sendiri heheh trmksih dah berbagi info sobat

hohohohhooooo...
ternyata gitu ya...
saya jadi teringat ketika membuat judul Cewek Panggilan (Cerita Dewasa) Hot Shoot!, padahal isinya ga sesuai dengan harapan dari judul tp masih ada sangkut pautnya..
:)

Infonya mantab bro :)

Jadi tiap artikel memiliki pagerank-nya sendiri toh.

memang begitu mas, makasih para master bilang, setiap kita posting usahakan ada link yang mengarah ke hompage

Saya malah baru tau sekarang ini dari postinngan Kang Yitno, terima kasih banyak atas infonya Kang..

Gitu yaa, saya masih baru, blog saya juga :(

Punya saya masih nol mas, malah belum apa apa.

Hehehehe

Namun saya tetap akan berusaha menulis dengan lebih baik lagi.

owh saya baru tahu mas, coba tak cek dulu ah, nais inpoh mas

setuju, setiap page, artikel dan halaman memiliki PR yang berbeda, kan kita gak tau ya, artikel mana yg akan lebih sering di kunjungi :P

makanya ada yang namanya widget popular post, dari situ bisa kita cek kalo postingan yang masuk di popular post pasti lebih tinggi rank-nya dibanding yg laen... :)

Memang berbeda-beda pentingnya pagerank bagi setiap orang pada halaman artikelnya tapi biasanya yang paling dilihat adalah Pr halaman utamanya.

wah, gue beneran baru tahu nih, thanks ya sob

iya mas, aku sebelum rubah jadi dotcom masih pakai blogsoptdotcom, rank dari dotcom kembali ke nol. jadi saat merubah domain mulai dari start awala. saya sih taunya di blogspot, kalau wordpress apa saja juga ya?

1. Silakan buka Daftar Isi untuk melihat artikel menarik lainnya
2. Komentar sobat adalah investasi besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Blog Sobat

Back To Top