Bisnis Online I Affiliasi I Tutorial Blog I Tips & Trick I Motivation I SEO

UMK 2012 dan Pergerakan Buruh

umk 2012 dan pergerakan buruh jababeka
Akhir Januari suasana kawasan industri sangat mencekam. Mulai dari kawasan East Jakarta Industrial Park (EJIP), MM 2100 dan Jababeka Industrial Park. Tepat tanggal 27-01-2011 hari Jum'at terjadi pergerakan buruh yang sangat luar biasa yang tergabung dalam FSPMI melakukan demonstrasi besar-besaran. Jalan raya tol Jakarta-Cikampek diblokir oleh massa demonstran.

Demo yang sebelumnya hanya di seputar tol, sore harinya dialihkan ke kawasan Jababeka 1 dan Jababeka 2. Tak ayal membuat kemacetan yang luar biasa di sepanjang jalan raya Lippo Cikarang - Jababeka. Apalagi didalam kawasan, demo-nya lebih seru lagi. Para demonstran di pecah-pecah menjadi beberapa bagian. Kita mungkin lolos dari satu kemacetan, tapi belum tentu lolos pada kemacetan berikutnya. Sehingga banyak pekerja shift malam yang terlambat kerja karena terjebak kemacetan. Tak hanya melakukan orasi di jalan, mereka juga melakukan sweeping di dalam pabrik yang intinya mengajak rekan seperjuangan untuk melakukan orasi di jalan.

Sungguh perjuangan yang hebat. Karena hebatnya aksi demo yang luar biasa, banyak pabrik yang memasang bendera FSPMI dan spanduk yang bertuliskan "kami mendukung umk 2012". Entah karena takut atau hanya bentuk solidaritas semata. Para security pabrik pun di kerahkan untuk berjaga-jaga di pintu masuk. Bahkan ada yang membentengi pintu gerbang dengan drum besar dan tumpukan besi. Untuk menghindari massa yang anarkis.

Orasi - orasi mereka adalah menuntut pelaksanaan UMK 2012 yang sudah disepakati sesuai SK Gubernur. Yah saya selaku pekerja yang tergabung dalam FSPMI juga mendukung pergerakan ini. Itulah sedikit ceritaku hari ini mengenai UMK 2012 dan pergerakan buruh.
SHARE :

Cara Unik Masak Mie Instan

HEBOH..!!! - Kata itulah yang mungkin akan sahabat katakan tatkala melihat VIDEO UNIK masak mie instan berikut https://youtu.be/1MEs9a-973U.
10 Komentar untuk "UMK 2012 dan Pergerakan Buruh"

Kami memang orang kecil, tapi pergerakan kami mampu melumpuhkan sendi-sendi perekonomian.
Kami memang lemah, tapi kami akan menjadi kuat jika kami bersatu.

Upah di Indonesia sangat tak layak dengan harga barang kebutuhan.
Kalau bukan karena pinter2nya rakyat ngatur keuangannya, mungkin makanpun susah.
Rakyat sudah tak bisa berharap pada yg seharusnya bisa mikir nasibnya

Yups betul kang. Dengan upah yang bisa dibilang minim sekali, kita harus putar otak untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari hari.

Saleum,
Semoga tidak anarkis ya kang, seperti kata nenek dulu, hati boleh panas tapi kepala tetap dingin, eh tebalik ya...?? hahaha... pokonya begitulah, mesti ada yang dingin agar tidak anarkis.

He..he.. :)
Alhamdulillah tidak anarkis, meskipun situasinya sangat mencekam. Yang paling menegangkan adalah saat di sweeping pada malam hari. Karena aksi sweeping yang besar, shift 3 sampai di liburkan secara mendadak.

Betul kang, kepala boleh panas, tapi hati tetap dingin. Dengan hati yang dingin akan mampu meredam kepala yang panas. Betul nggak kang..?

UMK emang harus digalakkan....
dapat menangkal krisis ekonomi global....

ijin follow ya mas....
aq tunggu follow baliknya...
:)

Setuju banget :)
Inflasi terus naik, masa gaji nggak naik. Meskipun hanya buruh, jangan mau di tindas. Dalam perusahaan, harus win - win solution. Jangan ada pihak yang dirugikan. Semua harus saling menguntungkan kan?

UMK versus kapitalisasi... never ending story... :(

Betul sekali sobat. UMK memang di jalankan. Tapi perusahaan juga punya strategi lain. Banyak kawan-kawanku yang di pindah jabatan. Seperti perombakan total manajemen. Banyak yang di PHK buat perampingan. Pokoknya mereka mencari cara untuk menghemat cost perusahaan. Salah satu cara-nya ya di rumahkan itu sob.

kalau tahun 2012 demo karena umk 2012. Maka di pertengahan tahun 2013 ini, demo rusuh karena kenaikan bbm yang melonjak tinggi. Alasannya sih pengalihan subsidi bbm. Tapi dibalik itu semua ada unsur politik didalamnya.

Kenaikan harga dari 4500 per liter menjadi 6500 per liter. Rakyat seperti dicekik saja.

1. Silakan buka Daftar Isi untuk melihat artikel menarik lainnya
2. Komentar sobat adalah investasi besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Blog Sobat

Back To Top